BerandaGaya Hidup5 Film Dokumenter yang Layak dan Seru untuk Ditonton

5 Film Dokumenter yang Layak dan Seru untuk Ditonton

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek – Film dokumenter adalah sebuah film yang dibuat untuk menyampaikan informasi tertentu terkait isu yang tengah beredar berdasarkan data dan fakta.

Seorang pembuat film dokumenter haruslah memiliki kemampuan dalam menggabungkan hasil riset, menjadi sebuah cerita yang menarik namun tidak dilebih-lebihkan yang kemudian diwujudkan dalam sebuah visual yang mengesankan.

advertisement

Buat Anda yang bosan dengan genre film itu-itu saja, bisa sesekali mencoba untuk menonton film dokumenter. Dengan menonton film dokumenter, kita bisa mendapatkan banyak informasi, terutama informasi terkait isu yang tengah terjadi.

Tertarik? tapi bingung mau menonton film dokumenter berjudul apa? Berikut kami berikan rekomendasi film dokumenter dengan latar belakang cerita serta visual yang menarik untuk Anda.

1. Angin Timur (2022)

film-dokumenter-angin-timur
Film Dokumenter Angin Timur | Foto : Akun Twitter Ekspedisi Indonesia Baru @idbaruid

Tim Ekspedisi Indonesia Baru merilis Film Dokumenter “Angin Timur”. Film ini mengisahkan perjuangan para nelayan di Pesisir Utara hingga Pesisir Selatan Jawa, menghadapi himpitan kenaikan harga BBM, hingga ancaman bisnis oligarki tambang, serta berbagai perusakan lingkungan lainnya.

advertisement

Film Angin Timur mampu menarik perhatian, khususnya bagi warga di desa-desa. Sebab, film ini mengangkat masalah sehari-hari yang dialami masyarakat kelas bawah. Sehingga, film Angin Timur menjadi bentuk kritik terhadap kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada masyarakat, khususnya para nelayan.

Berbeda dengan lainnya, film ini tidak ditayangkan di bioskop. Film Angin Timur ditayangkan dengan konsep Bioskop Warga. Biaya nontonnya juga memakai saweran sukarela dari para penonton.

Masyarakat yang ingin memutar film ini bisa menghubungi narahubung Tim Ekspedisi Indonesia Baru atau bisa kunjungi Instagramnya @idbaruid.

2. Oceans (2009)

oceans
Film Dokumenter oceans | Foto IMdb

Oceans merupakan film dokumenter asal Perancis yang mengisahkan tentang kehidupan laut lengkap dengan berbagai informasi yang terkait dengan kehidupan laut. Mulai dari kehidupan makhluk-makhluk laut hingga berbicara mengenai nasib ke depan laut itu sendiri.

advertisement

Secara garis besar, film ini bercerita mengenai perjalanan evolusi keadaan lingkungan laut dari jaman purba hingga saat ini. Berkisah mengenai elemen-elemen dalam laut selama evolusi, baik yang terlihat sebagai penyusun (makhluk laut, biota laut, dll) maupun sebagai pendukung (cuaca, iklim, dll).

Film ini menyajikan kumpulan gambar-gambar tentang laut dari berbagai belahan dunia yang disusun menjadi sebuah cerita pada suatu benang merah.

Setiap kejadian dan gambar yang disajikan pada film ini memiliki maksud dan arti yang saling berhubungan. Seperti, beberapa gambar yang mengisahkan tentang sebuah koloni hewan laut, mulai dari yang kecil hingga massive koloni, simbiosis mutualisme, kasih sayang yang ditunjukkan dengan bimbingan induk kepada anaknya hingga proses dan perilaku adaptasi hewan-hewan laut tersebut.

3. The Cove (2009)

film-dokumenter-the-cove
Poster film dokumenter the cove | Foto : IMPA Aawards

Film The Cove adalah film yang dibuat pada tahun 2009 oleh Louie Psihoyos yang menganalisis dan mempertanyakan praktik perburuan lumba-lumba di Jepang. Dalam film ini diperlihatkan betapa kejamnya dunia pelatihan dan juga pembantaian terhadap lumba-lumba jika dilihat di balik layar.

Atas tujuan dan maksud pembuatannya, Film ini mendapatkan Academy Award sebagai Film Dokumenter Terbaik pada tahun 2010.

4. Jagal: The Act of Killing (2012)

Film Dokumenter Jagal The Act of Killing
Film Dokumenter Jagal The Act of Killing | Foto Rotten Tomatoes

Jagal: The Act of Killing, adalah film tentang G30S PKI. Film ini mengisahkan orang-orang yang menjadi “jagal” bangsanya dan bagaimana mereka melakukan pembunuhan tersebut.

Film ini memotret sejarah bahwa penumpasan Partai Komunis Indonesia (PKI) di tanah air adalah bentuk tindakan kepahlawanan yang diamini oleh masyarakat.

Film ini disutradarai oleh Joshua Oppenheimer, sutradara yang tinggal di Copenhagen, Denmark. Durasi film ini yaitu 2 jam 39 menit.

5. I Am Not Your Negro (2016)

Sinopsis I Am Not Your Negro
Sinopsis I Am Not Your Negro | Foto : IMdb

Film I Am Not Your Negro adalah film dokumenter buatan Amerika Serikat pada tahun 2016 yang disutradarai Raoul Peck.

Film ini diangkat dari manuskrip Remember This House karya James Baldwin dan dinarasikan oleh aktor Samuel L. Jackson.

Film ini mengisahkan mengenai  sejarah rasisme yang terjadi di Amerika Serikat melalui kenangan Baldwin tentang aktivis hak-hak sipil Medgar Evers, Malcolm X, dan Martin Luther King, Jr.

advertisement

Berita Baru

Segera Hadir! Inilah Spesifikasi Vivo V25e HP Kamera Berkemampuan Unggul

Kabar Trenggalek - Vivo V25e dipastikan hadir di Indonesia pada 3 Oktober 2022 mendatang....

Atasi Tindak Pemalsuan, Korlantas Polri Akan Terbitkan BPKB Elektronik

Kabar Trenggalek - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan segera menerbitkan Buku Pemilik Kendaraan...

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Viral Hari ini

Biadab, 3 Warga Jadi Tersangka Pencabulan Anak di Pantai Konang, Korban Dipaksa Minum Miras

Kabar Trenggalek - Keindahan wisata tak serta merta menjadi tempat liburan. Namun, aksi kejahatan...

Berita Terkait