TRENDING

Waspada, Trenggalek Bakal Dilanda Hujan Deras dan Angin Kencang

Terbit:

Kabar Trenggalek Kabupaten Trenggalek bakal dilanda hujan deras, disertai petir, dan angin kencang pada besok Rabu (03/08/2022). Sehingga, masyarakat perlu waspada untuk menghadapi cuaca buruk.

Hal itu disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Jawa Timur melalui “Press Release Kewaspadaan Akan Bencana Hidrometeorologi Terkait Perkembangan Dinamika Atmosfer Wilayah Jawa Timur Update Tanggal 02 Agustus 2022 ME.02.04/0771/KSUBIVII/2022”.

advertisement

“Saat ini wilayah Jawa Timur sudah memasuki musim kemarau. Akan tetapi diprakirakan wilayah Jawa Timur secara umum masih berpotensi hujan dengan intensitas bervariatif dari ringan, sedang, bahkan lebat dan disertai petir,” terang Taufiq Hermawan, Kepala Stasiun BMKG Jawa Timur.

Taufiq menjelaskan, hujan deras itu dikarenakan aktifnya gangguan fenomena Low Frekuensi, sirkulasi siklonik di wilayah Selat Karimata yang menyebabkan daerah belokan angin di sekitar wilayah Jawa Timur. Selain itu, suhu muka laut di perairan Jawa Timur yang masih cukup hangat dengan anomali suhu muka laut antara t0.5 s/d # 1.59C serta masih adanya LaNina lemah.

“Berdasarkan adanya gangguan atmosfer yang cukup signifikan tersebut, menyebabkan kondisi atmosfer menjadi labil sehingga berpengaruh dalam pembentukan awan-awan Cumulonimbus yang akan semakin intens dan dapat mengakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang sesaat,” jelas Taufiq.

Berikut daftar wilayah yang diprakirakan mengalami hujan deras disertai petir dan angin kencang:

A. Tanggal 2 Agustus 2022

  • Pagi hari: di wilayah Tuban, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.
  • Siang sampai sore hari: di wilayah Gresik, Kabupaten Probolinggo, Jember, dan Situbondo.
  • Dini hari: di wilayah Gresik.

B. Tanggal 3 Agustus 2022

  • Pagi hari: di wilayah Gresik, Tuban, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.
  • Siang sampai sore hari: di wilayah Trenggalek, Tulungagung, Kab Blitar, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi.
  • Malam hari: di wilayah Tuban.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana hidrometeorologi seperti potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” kata Taufiq.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk selalu mengupdate informasi peringatan dini 3 harian dan peringatan dini 2-3 jam-an yang selalu kami share via medsos dan website ( http://www.juanda.jatim.bmka.g0.id ), media sosial (@infobmkgjuanda), dan telepon (031) 3668989.

advertisement

TERBARU

SIM Bentuknya Kartu tapi Disebut Surat, KK Bentuknya Surat tapi Disebut Kartu, Kenapa Bisa Gitu?

Kabar Trenggalek - Bukan karena kurang kerjaan, tetapi bagi kita sebagai masyarakat yang teliti,...

Pemilu 2024, PKS dan NasDem Pasang Badan Soal Dapil Trenggalek Berubah

Kabar Trenggalek - Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah mendapat perhatian dari partai...

7 Bunga yang Mengeluarkan Aroma Harum saat Malam Hari, Salah Satunya Sering Dijumpai di Pemakaman

Kabar Trenggalek - Untuk menghiasi rumah, kebanyakan orang akan menanam tumbuhan. Entah di depan...

TOPIK TERKAIT