TRENDING

Mengapa Bendera Indonesia dan Monako Berwarna Merah Putih? Ini Perbedaannya

Terbit:

Kabar Trenggalek Sekilas ketika kita melihat daftar bendera dari ratusan negara yang ada di dunia, kita seringkali tertipu dengan menyamakan bentuk dan warna bendera Indonesia dengan bendera Monako.

Mengapa bendera Indonesia dan Monako berwarna merah putih? Meskipun sama-sama berwarna merah-putih, bila kita mau lebih teliti, ternyata bendera kedua negara ini memiliki perbedaan.

Bendera Indonesia

advertisement

Dalam sejarahnya, bangsa Indonesia sangat familiar dengan warna putih. Secara tertulis, penggunaan bendera berwarna merah putih dapat ditelusuri dalam Prasasti Kudadu yang berangka tahun 1216 Saka atau 1294 Masehi pada lempeng IV, disebutkan:

“…samangkana, hana ta tunggul ning satru layulayu katon wetani haniru, bang lawan putih warnanya…” yang artinya “…ketika itu, muncul bendera dari musuh berlari lari terlihat di sebelah timur, merah dan putih warnanya…”.

Dalam Prasasti Kudadu ini, diceritakan bahwa saat pasukan Raja Jayakatwang dari Gelang-gelang menyerang Kerajaan Tumapel (Singasari) pada tahun 1292, pasukannya membawa bendera berwarna merah dan putih.

Catatan prasasti Kudadu ini merupakan catatan tertua yang dapat ditemukan mengenai penggunaan warna merah dan putih sebagai bendera.

Komposisi warna ini pada kemudian hari diadopsi oleh Kerajaan Majapahit, Sisingamangaraja IX dari tanah Batak, Kerajaan Bone dan bahkan pada waktu perang Jawa (1825-1830 M) Pangeran Diponegoro memakai panji-panji berwarna merah putih dalam perjuangannya melawan Belanda.

Dikemudian hari, bendera dengan komposisi warna merah dan putih ini kemudian menjadi ekspresi nasionalisme di kalangan pejuang kemerdekaan.

Hingga pada akhirnya, bendera ini resmi dijadikan sebagai bendera nasional Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika kemerdekaan diumumkan dan resmi digunakan sejak saat itu pula.

Bendera Monako

Bendera merah putih di Monako
Bendera merah putih di Monako/Foto: Istock
advertisement

Sedangkan dalam sejarah Monako, bendera Monako secara resmi disahkan menjadi bendera negara pada 4 April 1881. Peresmian ini dilakukan di bawah pemerintahan saat itu yaitu Pangeran Charles III.

Akan tetapi, jauh dari peresmian itu, warna merah-putih sudah digunakan sebagai warna bendera Monako sejak tahun 1297 yaitu saat Fancesco Grimaldi dari Dinasti Grimaldi berhasil memerdekakan wilayah Monako dari negara koloni Genoa.

Dari runtutan sejarah inilah, meskipun Monako secara resmi lebih dahulu menggunakan bendera merah putih, akan tetapi melihat dari catatan penggunaan komposisi warna merah dan putih bangsa Indonesia yang lebih dahulu dengan dibuktikan dengan uraian dari Prasasti Kudadu.

Perbedaan Bendera

Fakta inilah yang tidak bisa dibantah oleh Monako saat mereka sempat tidak mau mengakui kemerdekaan Indonesia dan melayangkan protes meminta Indonesia untuk mengubah warna benderanya.

Pada akhirnya, kedua negara, yakni Indonesia dan Monako sepakat untuk mengambil jalan tengah atas permasalahan ini yakni kedua negara tetap menggunakan bendera dengan komposisi warna merah dan putih, akan tetapi dibedakan dalam detailnya. Berikut ini perbedaannya:

1. Dimensi Bendera

Perbedaan paling mendasar dari bendera Indonesia dan Monako adalah ukurannya yang berbeda. Ukuran Bendera Merah Putih Indonesia lebih panjang dengan rasio dimensi 2:3.

Sedangkan bendera Monako memiliki rasio dimensi 4:5. Dari perbedaan dimensi ini, bila dilihat secara detail bendera Monako terlihat lebih lebar dibandingkan dengan bendera Indonesia yang terlihat lebih memanjang.

2. Komposisi Warna

Secara digital, kedua bendera memiliki perbedaan pada spot warna. Hal ini dibagi dengan penggunaan warna pada Pantone Matching System (PMS) dan CMYK Process (Cyan, Magenta, Yellow, and Key).

Melansir dari flagmakers.co.uk, warna merah pada bendera Indonesia menggunakan PMS Red: 032. Sedangkan warna merah pada bendera Monako menggunakan Red: 032 C. Jika mengikuti CMYK Process, maka perpaduan warna merahnya ialah, Cyan: 0 persen, Magenta: 90 persen, Yellow: 86 persen, dan Key: 0 persen.

Dari Komposisi di atas secara detail bakal terlihat warna merah pada bendera Indonesia terlihat lebih terang dibandingkan dengan warna merah pada bendera Monako.

3. Makna

Dalam pemilihan warna bendera, kedua negara mempunyai pemaknaan sendiri-sendiri. Merah dalam bendera Indonesia melambangkan warna darah dan simbol keberanian. Sedangkan warna putih melambangkan kesucian.

Sementara itu, melansir dari Encylopaedia Britannica (2015), warna merah putih dalam bendera Monako merupakan warna yang identik dengan House of Grimaldi. Grimaldi merupakan sebuah dinasti yang berperan dalam sejarah berdirinya negara Monako. Sedangkan warna putih, melambangkan nilai positif seorang manusia sebagai simbol kemurnian, khususnya dalam kehidupan spiritual.

Itulah pembahasan tentang perbedaan Bendera Indonesia dan Monako. Semoga artikel dari Kabar Trenggalek bisa bermanfaat bagi Anda semua.

advertisement

TERBARU

SIM Bentuknya Kartu tapi Disebut Surat, KK Bentuknya Surat tapi Disebut Kartu, Kenapa Bisa Gitu?

Kabar Trenggalek - Bukan karena kurang kerjaan, tetapi bagi kita sebagai masyarakat yang teliti,...

Pemilu 2024, PKS dan NasDem Pasang Badan Soal Dapil Trenggalek Berubah

Kabar Trenggalek - Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah mendapat perhatian dari partai...

7 Bunga yang Mengeluarkan Aroma Harum saat Malam Hari, Salah Satunya Sering Dijumpai di Pemakaman

Kabar Trenggalek - Untuk menghiasi rumah, kebanyakan orang akan menanam tumbuhan. Entah di depan...

TOPIK TERKAIT