TRENDING

Yuk, Pelajari Doa Menyembelih Hewan Kurban

Terbit:

Hari raya Idul Adha juga disebut juga lebaran haji, dimana pada bulan Zulhijah umat Islam seluruh dunia menjalankan ibadah Haji.

Pada hari raya Idul Adha adalah momentum umat Islam yang mampu untuk beribadah dalam bentuk berkurban binatang ternak.

advertisement

Adapun binatang yang digunakan untuk beribadah kurban antara lain unta, sapi, domba, kambing dan kerbau. Namun, di Indonesia sendiri yang lazim dijadikan binatang kurban adalah kambing dan sapi.

Dalam penyembelihan binatang kurban haruslah sesuai ketentuan syariat Islam. Beberapa diantaranya harus menggunakan pisau atau golok yang sangat tajam agar binatang yang disembelih cepat mati dan tidak menyakiti binatangnya.

Selain itu, hewan yang akan disembelih dipisahkan dari tempat jagal, agar binatang kurban tidak melihat binatang lain yang dijagal.

Tentunya dalam beribadah harus diniatkan kepada Allah SWT. Niat harus dari hati dan lisan. Melansir dari situs resmi Nahdlatul Ulama, nu.or.id, doa menyembelih hewan kurban sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Dibaca:

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm Artinya

advertisement

Artinya:

“Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

Berikut ini urutan dalam berdoa ketika memyembelih binatang kurban:

  1. Baca “Bismillâh” بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang”.
  2. Baca shalawat untuk Rasulullah SAW اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad. Artinya, “Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.”
  3. Baca takbir tiga kali dan tahmid sekali اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ. Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”
  4. Baca doa menyembelih اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ. Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm. Artinya, “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

Kemudian yang perlu diperhatikan lagi adalah tentang adab dalam memyembelih binatang kurban agar ibadah kurbannya diridhoi oleh Allah SWT.

advertisement

TERBARU

SIM Bentuknya Kartu tapi Disebut Surat, KK Bentuknya Surat tapi Disebut Kartu, Kenapa Bisa Gitu?

Kabar Trenggalek - Bukan karena kurang kerjaan, tetapi bagi kita sebagai masyarakat yang teliti,...

Pemilu 2024, PKS dan NasDem Pasang Badan Soal Dapil Trenggalek Berubah

Kabar Trenggalek - Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah mendapat perhatian dari partai...

7 Bunga yang Mengeluarkan Aroma Harum saat Malam Hari, Salah Satunya Sering Dijumpai di Pemakaman

Kabar Trenggalek - Untuk menghiasi rumah, kebanyakan orang akan menanam tumbuhan. Entah di depan...

TOPIK TERKAIT