TRENDING

Tips Agar Kampas Kopling Mobil Awet

Terbit:

Kabar Trenggalek Kampas kopling mobil menjadi perangkat yang sangat penting. Karena kampas kopling yang menyalurkan tenaga dari mesin ke gigi perseneling.

Sebenarnya jika kampas kopling sudah aus, sparepart penggantinya tidak terlalu mahal. Namun, biaya pemasangannya yang mahal. Karena harus turun gear box dan pengerjaannya relatif lama. Tentunya ini akan menambah pengeluaran Anda saat melakukan service mobil.

advertisement

Untuk menjaga keawetan kampas kopling, kabar trenggalek mempunyai tips supaya kampas kopling mobil Anda tidak mudah aus.

1. Jangan Telat Mengganti Oli Gear Box

Oli pada mobil tak hanya untuk mesin pembakaran, melainkan gear box punya olinya sendiri. Kampas kopling berada dalam satu blok dengan gear box.

Seiring dipakai, kammpuan oli dalam melumasi akan semakin berkurang. Sehingga perlu bagi anda untuk mengganti oli gear box secara berkala. Semakin Anda rutin mengganti oli secara teratur, maka kampas kopling mobil anda akan lebih awet karena terlumasi dengan baik.

2. Jangan Menaruh Kaki di Atas Pedal Kopling

Saat melaju dengan mobil anda, jangan menaruh kaki di atas pedal kopling. Karena bisa secara tidak sengaja anda akan menginjak pedal kopling .

Saat pedal kopling terinjak dan anda melaju dengan kecepatan tinggi, maka kampas kopling akan cepat aus. Solusinya adalah letakan kaki Anda disamping pedal kopling.

3. Netralkan Perseneling Saat Lampu Merah

Saat lampu merah, sebaiknya netralkan perseneling. Sehingga Anda tidak perlu menginjak kopling agar mobil Anda tetap menyala. Saat anda menginjaknya dengan kondisi masuk gigi, maka beban kerja kampas kopling akan meningkat. Sehingga bisa menyebabkan kinerjanya cepat menurun seiring waktu.

Selain itu, menetralkan perseneling saat lampu merah juga akan membuat kaki anda rileks karena tidak perlu menginjak pedal kopling. Sehingga perfoma anda saat menyetir akan lebih baik.

4. Menyesuaikan Kecepatan Dengan Gigi

advertisement

Setiap kecepatan dalam berkendara, sebaiknya menyesuaikan dengan gigi perseneling. Saat kecepatan tinggi sebaiknya memakai gigi tinggi dan begitu pula sebaliknya. Karena ini akan memengaruhi keselamatan berkendara dan keawetan mesin mobil.

Terutama saat melakukan peralihan keceptana dari tinggi ke rendah, sebaiknya Anda juga menurunkan gigi. Karena, jika giginya tinggi sedangkan kecepatannya rendah. Kampas kopling akan mengalami gesekan yang tinggi. Sehingga bisa menyebabkan cepat aus.

5. Lepaskan Kopling dengan Halus

Lepas kopling setelah memindahkan transmisi dengan halus, jangan dilepaskan mendadak. Karena akan ada hentakan tenaga pada kampas kopling jika dilepas mendadak. Kampas kopling akan tergesek dengan keras.

Kampas kopling akan mudah aus sebelum waktunya. Sehingga Anda perlu menghilangkan kebiasaan ini untuk menghemat pengeluaran saat service mobil.

Nah itu lah tips dari Kabar Trenggalek supaya kampas mobil Anda lebih awet dan tidak mudah aus. Tentunya kampas kopling akan aus juga seiring pemakaian. Namun, keausan akan semakin cepat jika anda mengemudikan kendaraan anda dengan sembrono.

advertisement

TERBARU

Kampung Kopi Sengunglung, Wujud Kelestarian Alam Bumi Sumberbening Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kopi menjadi salah satu potensi komoditas unggulan di Desa Sumberbening, Kecamatan...

Jaranan Turangga Yaksa Semarakkan Festival Mata Air Sumberbening, Potret Perjuangan Petani

Kabar Trenggalek - Sejumlah 6 anak dari SDN 1 Sumberbening berlenggak-lenggok mengikuti alunan nada...

Ritual Adat di Sumber Air Plancuran Desa Sumberbening, Warga Berdoa Tolak Tambang Emas Trenggalek

Kabar Trenggalek - Perjuangan tolak tambang emas Trenggalek tidak hanya dilakukan melalui serangkaian aksi...

TOPIK TERKAIT