TRENDING

Kandungan Nutrisi dalam Telur

Terbit:

Daripada mempertanyakan lebih dulu mana telur atau ayam, lebih baik kita mempertanyakan kandungan nutrisi dalam telur ayam.

Mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia mengkonsumsi telur sebagai lauk sehari-hari. Kita perlu mengetahui kandungan nutrisi dari telur (tak hanya telur ayam) agar dapat mengira-ngira nutrisi apa saja yang telah masuk dalam tubuh dengan makan telur.

advertisement

Setiap jenis telur mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Memilih telur untuk dikonsumsi akan sangat baik. Dengan demikian Anda dapat memilih nutrisi apa saja.

Melansir dari MSMB Indonesia kandungan nutrisi telur ayam negeri, telur ayam kampung, telur bebek dan telur puyuh sebagai berikut:

1. Telur Ayam Negeri

Telur Ayam Negeri
Telur Ayam Negeri/Foto: Pixabay

Per-100 mg telur ayam negeri mengandung 162 kal energi, 12.28 gram protein, 11.50 gram lemak, 0.70 gram karbohidrat, 54.00 mg kalsium, 180 mg fosfor, 3.00 mg zat besi, 900 IU vitamin A dan 0.10 mg vitamin B.

Telur ayam negeri ini yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat. Telur ini dihasilkan dari ayam petelur yang biasanya diternakan dalam jumlah banyak untuk diambil telurnya.

2. Telur Ayam Kampung

Telur Ayam Kampung
Telur Ayam Kampung/Foto: Pixabay

Per-100 mg telur ayam kampung mempunyai kandungan kalori yang lebih rendah dibanding telur ayam negeri, yakni 150 kalori. Untuk protein pada telur ayam kampung sebanyak 13 gram, 10 gram lemak dan 1.5 gram karbohidrat.

Telur ayam kampung bisa dikatakan jarang dikonsumsi masyarakat. Mengingat ayam kampung dibudidayakan dengan cara tradisional. Ayam kampung biasanya diternakkan untuk diambil dagingnya. Sehingga sebagain peternak lebih memilih menetaskan telurnya daripada mengambil telurnya untuk dijual atau dikonsumsi. Telur ayam kampung juga mempunyai harga yang lebih tinggi dibanding telur ayam negeri.

3. Telur Bebek

Telur Bebek
Telur Bebek/Foto: Pixabay

Telur bebek mempunyai kandungan gizi yang lebih tinggi dibanding telur ayam negeri maupun ayam kampung. Untuk per-100 mg telur bebek mengandung 189 kal energi; 13.10 gram protein; 14.30 gram lemak; 0.80 gram karbohidrat; 56.00 mg kalsium; 175 mg fosfor; 3.00 mg zat besi; 1230 IU vitamin A; dan 0.18 mg vitamin B.

advertisement

Telur bebek lazimnya dijadikan olahan telur asin. Dengan diasinkan telurnya menjadi lebih awet dan kandungan nutrisinya juga meningkat.

4. Telur Puyuh

Telur Puyuh
Telur Puyuh/Foto: Pixabay

Telur puyuh dihasilkan dari burung puyuh. Sebuah burung yang tidak bisa terbang namun mempunyai kemampuan berlari yang cepat. Saat mendengar kata burung puyuh mungkin kita teringat sebuah meme yang sempat beredar di internet. “Burung apa tuh, man? Burung puyuh”.

Telur burung puyuh sendiri kebanyakan diolah menjadi olahan yang beraneka ragam. Seperti yang kita jumpai di angkringan-angkringan, telur ini diolah dibuat gulai telur kemudian diberi tusuk menyerupai sate.

Telur puyuh 168 kal energi; 12.30 gram protein; 12.70 gram lemak; 1.20 gram karbohidrat; 0.00 mg kalsium; 0.00 mg fosfor; 0.00 mg zat besi; 0.00 IU vitamin A; dan 0.00 mg vitamin B. Namun, telur puyuh mengandung 30% lemak jenuh dari jumlah lemak total. Ini perlu Anda perhatikan jika ingin menghindari lemak jenuh dalam asupan makanan Anda.

Ternyata sangat banyak kandungan gizi yang terkandung dalam telur dan setiap jenis telur juga mempunyai jumlah nutrisi yang berbeda-beda.

advertisement

TERBARU

SIM Bentuknya Kartu tapi Disebut Surat, KK Bentuknya Surat tapi Disebut Kartu, Kenapa Bisa Gitu?

Kabar Trenggalek - Bukan karena kurang kerjaan, tetapi bagi kita sebagai masyarakat yang teliti,...

Pemilu 2024, PKS dan NasDem Pasang Badan Soal Dapil Trenggalek Berubah

Kabar Trenggalek - Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah mendapat perhatian dari partai...

7 Bunga yang Mengeluarkan Aroma Harum saat Malam Hari, Salah Satunya Sering Dijumpai di Pemakaman

Kabar Trenggalek - Untuk menghiasi rumah, kebanyakan orang akan menanam tumbuhan. Entah di depan...

TOPIK TERKAIT