TRENDING

Desa Ngadimulyo Alami Tanah Longsor, Sebelumnya Pernah Dieksplorasi Tambang Emas PT SMN

Terbit:

Kabar Trenggalek Akhir-akhir ini, Kabupaten Trenggalek terus mengalami berbagai bencana alam tanah longsor. Salah satunya, tanah longsor yang terjadi di Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak, Jumat (01/07/2022).

Tepatnya, tanah longsor itu terjadi di RT 40, RW 10, Dusun Buluroto, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak. Akibatnya, tanah longsor menjebol dinding rumah Anik, warga Dusun Buluroto. Selain itu, tanah longsor juga menutup akses jalan.

advertisement

Beberapa tanah longsor juga terjadi di Kecamatan Kampak. Berikut daftarnya:

  1. RT 38 RW 09, Dusun Buluroto, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak. Tanah longsor menimpa dinding rumah Bapak Pait.
  2. RT 28 RW 07, Dusun Suwaru, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak. Tanah longsor menimpa dinding rumah Bapak Tri Sulistiono.
  3. RT 28 RW 07, Dusun Suwaru, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak. Tanah longsor menimpa dinding rumah Bapak Sairan.
  4. RT 37 RW 09 Dusun Buluroto, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak. Tanah longsor menimpa dinding rumah Bapak Tumiran.
Material tanah longsor menjebol dinding rumah warga Dusun Buluroto, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek
Material tanah longsor menjebol dinding rumah warga Dusun Buluroto, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek/Foto: Kabar Trenggalek

Berdasarkan catatan Kabar Trenggalek, sebelumnya Dusun Buluroto pernah menjadi lokasi eksplorasi tambang emas oleh pertambangan emas PT Sumber Mineral Nusantara (SMN), tahun 2011 dan 2016. Sebelum dieksplorasi tambang emas PT SMN, tidak pernah terjadi tanah longsor parah di Dusun Buluroto.

Pada tanggal 4 Juli 2011, rilis dari situs resmi Bappeda Jatim menyebutkan bahwa Arc Exploration Limited (ARX), pemilik saham PT SMN waktu itu, membuktikan keberadaan kandungan emas di tiga titik gali. Ketiga titik itu yakni di Suruh, Timahan, dan Kojan. Penggalian di empat lubang dari tiga titik gali tersebut sedalam 910 meter.

Kandungan emas tertinggi ditemukan di lubang keempat yang digali di Dusun Kojan. Kandungan emasnya 11,28 g/t (gram/ton) dan perak 293 g/t pada titik simpang 1,9 meter di kedalaman 50 meter. Serta emas 1,39 g/t dan perak 40 g/t pada titik simpang 1,1 meter di kedalaman 104,2 meter. Pada tahun sebelumnya, kandungan emas juga telah dibuktikan di sejumlah titik gali antara lain Sentul, Buluroto, dan Dalangturu.

Mengacu pada dokumen AMDAL Tambang Emas PT SMN, lokasi awal eksploitasi yaitu di pegunungan Dusun Sentul (Desa Karangrejo) dan Buluroto (Desa Ngadimulyo), Kecamatan Kampak. PT SMN menyebutnya sebagai Prospek Sentul-Buluroto.

Berbagai fasilitas pertambangan emas akan dibangun di wilayah Prospek Sentul-Buluroto. Seperti disposisi area, bukaan tambang pit, jalan tambang, kantor administrasi tambang, gudang bahan peledak, dan lain-lain.

Sampai berita ini diterbitkan, warga masih gotong-royong membersihkan material tanah longsor yang menimpa bangunan rumah dan akses jalan.

advertisement

Bencana tanah longsor yang akhir-akhir ini sering terjadi di Kecamatan Kampak menjadi early warning bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Kondisi tanah yang labil bisa jadi akan menyebabkan bencana yang lebih parah jika ada wilayah disana digunakan sebagai area pertambangan emas PT SMN.

advertisement

TERBARU

SIM Bentuknya Kartu tapi Disebut Surat, KK Bentuknya Surat tapi Disebut Kartu, Kenapa Bisa Gitu?

Kabar Trenggalek - Bukan karena kurang kerjaan, tetapi bagi kita sebagai masyarakat yang teliti,...

Pemilu 2024, PKS dan NasDem Pasang Badan Soal Dapil Trenggalek Berubah

Kabar Trenggalek - Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah mendapat perhatian dari partai...

7 Bunga yang Mengeluarkan Aroma Harum saat Malam Hari, Salah Satunya Sering Dijumpai di Pemakaman

Kabar Trenggalek - Untuk menghiasi rumah, kebanyakan orang akan menanam tumbuhan. Entah di depan...

TOPIK TERKAIT