TRENDING

5 Cara Mengolah Daging Kambing agar Empuk dan Tidak Bau

Terbit:

Lebaran kurban atau Idul Adha adalah sebuah perayaan bagi umat Islam di seluruh dunia. Pada lebaran kurban biasanya orang yang mampu secara ekonomi akan berkurban binatang ternak kaki empat.

Biasanya binatang yang dikurbankan adalah kambing. Namun, yang menjadi persoalannya daging kambing itu relatif memiliki banyak otot yang menempel pada daging, sehingga akan alot jika tidak dimasak dengan tepat.

advertisement

Selain itu daging kambing juga mengeluarkan bau yang khas daging kambing yang membuat kita kadang tidak nyaman.

Cara Mengolah Daging Kambing agar Empuk dan Tidak Bau

Supaya membantu mengatasi persoalan itu, Kabar Trenggalek akan memberikan 5 cara mengolah daging kambing agar empuk dan tidak bau. Tentunya caranya alami dan menggunakan bahan yang juga alami sehingga aman untuk dikonsumsi.

1. Hilangkan Silverskin pada Daging

Cara mengolah daging yang pertama adalah hilangkan silverskin. Silverskin adalah lapisan lemak yang menempel pada daging. Lemak ini tipis namun tidak dapat kita konsumsi, karena tetap alot meskipun setelah kita rebus.

Cara memisahkannya pun cukup mudah, tinggal diiris saja bagian lemak ini menggunakan pisau kemudian bisa Anda buang atau direbus untuk dijadikan kaldu.

2. Menggunakan Buah Nanas

Kandungan zat asam bisa digunakan sebagai mengolah daging kambing, karena nanas bisa mengurangi bau pada daging. Selain itu, buah nanas juga mempunyai enzim bromelin yang dapat mengurai protein pada daging kambing. Sehingga daging menjadi empuk dan tidak alot.

Cara memakai buah nanas juga sangat mudah. Anda bisa rebus daging bersamaan buah nanas. Atau jika Anda yang menikmati proses, buah nanas bisa Anda blender kemudian daging kambingnya direndam pada hasil blenderam buah nanas. Diamkan minimal 1 jam kemudian angkat daging dan bersihkan, lalu langsung bisa Anda olag daging tadi.

3. Bungkus Menggunakan Daun Pepaya

Daun pepaya juga dapat digunakan untuk mengolah daging kambing. Yaitu dengan cara membungkusnya dengan daun pepaya.

advertisement

Namun sebelum dibungkus, remas-remas daun pepaya hingga sedikit hancur. Kemudian oles-oleskan remasan daun pepaya tadi pada daging kambing lalu bungkus dengan daun pepaya.

Daun pepaya sendiri memiliki enzim papain yang dapat menguraikan protein pada daging kambing.

4. Perasan Jeruk Lemon

Selain nanas, lemon juga bisa digunakan untuk mengolah daging kambing. Karena, lemon memiliki zat asam didalamnya yang dapat menguraikan protein pada daging kambing, sekaligus dapat menghilangkan bau pada daging.

Caranya potong jeruk lemon menjadi dua atau empat bagian. Kemudian peras jeruk dan lumuri dagaing kambing dengan perasan lemon.

5. Menggunakan Bubuk Kopi

Jarang yang tahu, bubuk kopi bisa digunakan untuk mengolah daging kambing menjadi empuk. Karena mengandung enzim protease yang dapat memecah protein pada daging. Selain itu, kopi juga dapat mengurangi bau prengus pada daging kambing.

Cukup larutkan bubuk kopi pada air kemudian balurkan pada daging kambing, lalu diamkan sesaat untuk mendapatkan daging yang empuk.

Itulah 5 cara mengolah daging kambing agar empuk dan tidak bau, yang bisa Anda coba di rumah. Selain itu, penting juga untuk menyimpan daging supaya awet tahan lama. Artikelnya bisa Anda baca DI SINI.

Semoga artikel dari Kabar Trenggalek bermanfaat untuk Anda semua. Dan semoga pada lebaran kurban tahun ini, Anda dapat merayakannya bersama orang yang Anda cintai dan kasihi.

advertisement

TERBARU

Kampung Kopi Sengunglung, Wujud Kelestarian Alam Bumi Sumberbening Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kopi menjadi salah satu potensi komoditas unggulan di Desa Sumberbening, Kecamatan...

Jaranan Turangga Yaksa Semarakkan Festival Mata Air Sumberbening, Potret Perjuangan Petani

Kabar Trenggalek - Sejumlah 6 anak dari SDN 1 Sumberbening berlenggak-lenggok mengikuti alunan nada...

Ritual Adat di Sumber Air Plancuran Desa Sumberbening, Warga Berdoa Tolak Tambang Emas Trenggalek

Kabar Trenggalek - Perjuangan tolak tambang emas Trenggalek tidak hanya dilakukan melalui serangkaian aksi...

TOPIK TERKAIT