TRENDING

Tanah Longsor di Trenggalek, Tembok Penahan Tebing dan Rumah Warga Ambrol

Terbit:

Kabar Trenggalek Wilayah Kabupaten Trenggalek diguyur hujan deras pada Selasa (21/06/2022). Hujan deras itu mengakibatkan tanah longsor di Trenggalek.

Informasi itu disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek. BPBD Trenggalek menyampaikan, lokasi bencana tanah longsor di RT 22 RW 04 Dusun Ngleban, Desa Watuagung, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek.

advertisement

Tanah longsor itu membuat tembok penahan tebing dan rumah warga ambrol. Bencana tanah longsor itu terjadi dini hari pukul 01.15 WIB. Awalnya, tanah longsor itu disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Dongko.

“Senin, 20 Juni 2022 di wilayah Kecamatan Dongko, diguyur hujan dengan intensitas sedang – tinggi yang mengakibatkan tembok penahan Tebing longsor dibawah rumah Bapak Nurhadi bagian dapur roboh karena terdampak longsor,” jelas BPBD Trenggalek.

Merespons bencana tanah longsor itu, BPBD Trenggalek bersama masyarakat melakuka cek lokasi bencana. Selain itu, mereka juga melakukan kerja bakti untuk membersihkan material longsor. Tidak ada korban jiwa dalam bencana tanah longsor itu.

Tembok penahan tebing yang longsor, akibatkan jalan antar desa di Trenggalek tertutup
Tembok penahan tebing yang longsor, akibatkan jalan antar desa di Trenggalek tertutup/Foto: BPBD Trenggalek

Sebelumnya, hujan deras yang mengakibatkan tanah longsor juga terjadi di beberapa wilayah lain. Seperti hujan deras yang mengakibatkan longsor tembok penahan tebing, hingga jalan antar desa di Trenggalek tertutup.

BPBD Trenggalek melaporkan, tanah longsor yang membuat jalan antar desa di Trenggalek tertutup, terjadi di RT 27 RW 01 Desa Gemaharjo, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek.

Sebagian jalan penghubung Trenggalek Ponorogo tertutup
Sebagian jalan penghubung Trenggalek Ponorogo tertutup/Foto: BPBD Trenggalek

Kemudian, hujan deras yang mengakibatkan tanah longsor. Hingga, sebagian jalan penghubung Trenggalek Ponorogo tertutup.

BPBD Trenggalek menyampaikan, tanah longsor terjadi di RT 16, RW 07, Dusun Sumbermadu, Desa Pucanganak, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek.

Kondisi jembatan putus di Tugu Kabupaten Trenggalek
Kondisi jembatan putus di Tugu Kabupaten Trenggalek/Foto: BPBD Trenggalek
advertisement

Berikutnya, hujan deras juga membuat jembatan ambles di Desa Nglinggis RT 01 RW 01, Kecamatan Tugu, sekira pukul 20.42 WIB.

Hal demikian dibenarkan Tri Puspita Sari, Sekretaris BPBD Trenggalek. Puspita Sari menegaskan, amblesnya jembatan itu karena derasnya aliran sungai sehingga mengikis penahan jembatan dan mengakibatkan ambles.

Tanah Longsor di Desa Timahan Trenggalek
Tanah Longsor di Desa Timahan Trenggalek/Foto: BPBD Trenggalek

Lalu, tanah longsor terjadi di Desa Timahan Trenggalek itu yang diakibatkan oleh hujan deras semalaman, hingga talud penahan jalan tak kuat.

Puspita Sari, menegaskan bahwa tanah longsor itu terjadi pada Minggu (19/06/2022) setelah diguyur hujan berjam-jam di Kecamatan Kampak.

Puspita Sari mengimbau kepada warga Trenggalek yang bertempat tinggal di pegunungan yang berdampingan dengan tebing yang rawan tanah longsor.

ā€œTetap waspada, jika ada guyuran hujan yang deras lebih baik berlindung dari tempat yang aman. Dan bagi pengguna jalan di pegunungan lebih baik mengurangi aktivitas keluar rumah dengan kendaraan saat hujan deras,ā€ tandasnya.

advertisement

TERBARU

KLHK Tolak Hasil Penelitian Penurunan Populasi Orangutan, Akademisi: Kebijakan Anti Sains

Kabar Trenggalek - Para akademisi yang tergabung dalam Tim Advokasi Kebebasan Akademik, menilai Kementerian...

Pasal Kontroversial RUU KUHP, Puluhan Mahasiswa Trenggalek Turun JalanĀ 

Kabar Trenggalek - Rancangan Undang Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP) dinilai kontroversial...

Polisi Jadi Beking Tambang Ilegal, JATAM: Negara Tak Punya Kendali Sumber Daya Alam Indonesia

Kabar Trenggalek - Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) mengungkapkan data keterlibatan polisi dalam memuluskan usaha...

TOPIK TERKAIT