TRENDING

Pencurian Uang di ATM Trenggalek, Polisi Tangkap Dua Pelaku Warga Jawa Barat

Terbit:

Kabar Trenggalek Dua warga Jawa Barat diduga kuat melakukan tindak pidana pencurian uang di ATM Trenggalek. Dua pelaku pencurian itu berhasil ditangkap polisi, Kamis (02/06/2022).

Dua tersangka tersebut inisial AN dan HAP warga Bandung Jawa Barat. Mereka melancarkan aksinya dengan mengganjal mesin ATM.

advertisement

Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Trenggalek, Kompol Haryanto mengatakan, kedua tersangka melancarkan aksinya di dua wilayah kabupaten TRENGGALEK.

Pertama dilakukan para tersangka di ATM bank Jatim yang berada di Jl. Raya Bendorejo, Kecamatan Pogalan. Kedua ATM Bank Jatim di Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek.

ā€œAda empat orang tersangka. Dua orang inisial AN dan HAP berhasil kita amankan. Tersangka lainnya IA dan RH kita tetapkan DPO [Daftar Pencarian Orang]. Masih kita lakukan pengejaran,” ungkap Haryanto saat konferensi pers.

Detailnya, pada hari selasa tanggal 29 Maret 2022 sekira pukul 12.00 WIB, tersangka IA dan RH dengan mengendarai mobil mendatangi yang berada di jalan Raya Bendorejo, Kecamatan Pogalan.

“Tersangka IA kemudian masuk ke dalam ATM dan mengganjal slot/lubang ATM dengan potongan cotton bud yang dimasuki tusuk gigi,” jelasnya.

Kemudian, saat korban memasukkan kartu ke ATM muncul notifikasi ā€Mesin Tidak Bisa Digunakanā€ dan kartu ATM tidak bisa keluar atau tertelan.

“Korban kemudian meminta bantuan orang yang sedang mengantri di belakangnya yang tak lain adalah tersangka IA,” papar Haryanto.

advertisement

Dengan dalih membantu, tersangka kemudian menghafal PIN ATM korban dan mengarahkan agar meminta bantuan ke BRI Unit Pogalan yang tak jauh dari lokasi.

Saat itulah tersangka mengambil kartu ATM korban yang tertinggal di slot/lubang ATM tersebut menggunakan potongan gergaji besi dan mentransfer ke rekening tersangka HAP sejumlah Rp. 26 juta.

Modus yang sama kembali dilakukan para tersangka pada tanggal 11 April 2022 di ATM Bank Jatim yang ada di Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek dan berhasil menggasak uang korban sejumlah Rp. 7.500.000,-

“Atas kejadian tersebut, jajaran Satreskrim Polres Trenggalek melakukan penyelidikan hingga diketahui keberadaan tersangka HAP di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat,” ujarnya.

Tim Polres Trenggalek bergerak dan berhasil menangkap tersangka HAP di rumah kontrakan di Kelurahan Tiaracondong, Kecamatan Babakan Sari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

advertisement

TERBARU

Hujan Sehari di Trenggalek, Jalan Tutup Total dan Rumah Rusak Dihantam Tanah Longsor

Kabar Trenggalek - Kabupaten Trenggalek terus dilanda berbagai peristiwa bencana alam. Salah satunya tanah...

Siap-Siap, Ini Jadwal Pemadaman Listrik Trenggalek Besok di 11 Desa

Kabar Trenggalek - Perusahaan Listrik Negara (PLN), Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Trenggalek akan...

Otak Atik Tekan Inflasi di Trenggalek, Pasar Murah dan Bansos Jadi Andalan

Kabar Trenggalek - Pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus berpikir...

TOPIK TERKAIT