TRENDING

Coffee Morning di Desa Wisata Pandean, Bupati Trenggalek: Ora Obah, Ora Mamah

Terbit:

Kabar Trenggalek Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, mengunjugi Desa Wisata Pandean di Kecamatan Dongko, Sabtu (11/06/2022).

Arifin bersama jajarannya ngopi pagi atau coffee morning membahas pengembangan wisata di Bumi Menak Sopal Trenggalek.

advertisement

Dalam coffee morning itu, Arifin meminta jajarannya untuk membuat kalender event (kegiatan) di Trenggalek. Menurut Arifin, kalender event sangat penting karena setiap orang membutuhkan rencana yang matang untuk liburan.

Arifin mengatakan, banyak kegiatan tahunan seperti bersih desa di bulan Selo (dalam kalender jawa) yang sebenarnya bisa menarik kunjungan wisata.

“Dengan pengkalenderan diharapkan masyarakat lebih luas bisa tahu, tertarik serta berkunjung guna bisa melihat dan menikmati event tersebut,” kata Arifin.

River Tubing Desa Wisata Watukandang Pandean Trenggalek
River Tubing Desa Wisata Watukandang Pandean Trenggalek/Foto: @rivertubing_watukandang (Instagram)

Menurut Arifin, sektor wisata dampaknya bisa langsung dirasakan dan menggerakkan ekonomi masyarakat Trenggalek. Sehingga, butuh usaha-usaha lebih untuk mengembangkan wisata di Trenggalek.

“Kata pepatah ‘Ora Obah, Ora Mamah [jika tidak berusaha, maka tidak makan]. Dengan event, maka masyarakat sekitar bisa merasakan dampak ekonominya,” terang Arifin.

Kemudian, Arifin menyinggung terkait penggunaan produk lokal dalam pengadaan barang dan jasa, yang harus benar-benar diperhatikan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Trenggalek. Sebab, hal itu seusai petunjuk dan arahan Presiden Jokowi.

Selain itu, Arifin mengepreasiasi perkembangan Desa Wisata River Tubing Watu Kandang, Desa Pandean, Kecamatan Dongko yang terus berbenah.

advertisement

“Masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Apalagi bila dilengkapi kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujarnya.

advertisement

TERBARU

Kampung Kopi Sengunglung, Wujud Kelestarian Alam Bumi Sumberbening Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kopi menjadi salah satu potensi komoditas unggulan di Desa Sumberbening, Kecamatan...

Jaranan Turangga Yaksa Semarakkan Festival Mata Air Sumberbening, Potret Perjuangan Petani

Kabar Trenggalek - Sejumlah 6 anak dari SDN 1 Sumberbening berlenggak-lenggok mengikuti alunan nada...

Ritual Adat di Sumber Air Plancuran Desa Sumberbening, Warga Berdoa Tolak Tambang Emas Trenggalek

Kabar Trenggalek - Perjuangan tolak tambang emas Trenggalek tidak hanya dilakukan melalui serangkaian aksi...

TOPIK TERKAIT