TRENDING

Selain Pakai Kertas Lem, Ini 10 Cara Mengusir Lalat dengan Bahan Alami

Terbit:

Kabar Trenggalek Keberadaan lalat di rumah sering kali mengganggu aktifitas sehari-hari. Kebanyakan orang menggunakan kertas lem pelekat untuk menjebak lalat.

Akan tetapi, tak jarang kertas lem pelekat itu tidak mampu mengusir banyaknya lalat. Padahal, selain memakai kertas lem pelekat, ada berbagai cara mengusir lalat dengan bahan alami.

advertisement

Oleh karena itu, mengusir lalat dengan bahan alami perlu dicoba supaya aktifitas sehari-hari kita tidak terganggu. Dilansir dari Dekoruma, berikut 10 cara mengusir lalat dengan bahan alami:

1. Air Beraroma Cengkeh

Air beraroma cengkeh memiliki bau khas yang tajam dan tidak disukai lalat. Air beraroma cengkeh itu bisa dibuat dengan cara merendam beberapa biji cengkeh pada air. Anda bisa menaruh air beraroma cengkeh di lokasi lalat sering hinggap.

2. Bunga Lavender

Menanam bunga lavender di dalam pot bisa menjadi cara untuk mengusir lalat. Sebab, bunga lavender memiliki fungsi untuk mengusir lalat. Anda bisa menaruh pot bunga lavender di lokasi yang sering dihinggapi lalat.

3. Irisan Daun Pandan

Selain bermanfaat sebagai pelengkap masakan, irisan daun pandan juga bisa mengusir lalat. Lalat tidak menyukai aroma daun pandan. Anda bisa menyiapkan beberapa helai daun pandan untuk diiris sampai halus. Lalu, siapkan wadah irisan daun pandan seperti mangkuk, dan taruh wadahnya di lokasi yang sering dihinggapi lalat.

4. Cuka Apel

Selain kertas lem pelekat, cuka apel juga bisa menjadi bahan alami untuk menjebak lalat. Anda bisa menyiapkan botol bekas air mineral, gunting bagian tengahnya, lalu tuang cuka apel hingga separuh botol. Kemudian, tutup botol dengan kertas yang sudah Anda lubangi supaya lalat bisa masuk ke botol. Taruh botol berisi cuka apel di lokasi yang sering dihinggapi lalat.

5. Lilin

Lilin ternyata juga bisa menjadi bahan alami untuk mengusir lalat. Sebab, panas dari lilin yang dinyalakan, bisa mencegah lalat untuk hinggap di makanan. Nah, Anda juga bisa menyalakan lilin saat menyantap makanan di rumah.

6. Garam

Garam juga berfungsi sebagai bahan alami untuk mengusir lalat. Anda bisa menaburkan garam di lokasi yang sering dihinggapi lalat.

7. Irisan Mentimun

advertisement

Aroma irisan mentimun atau timun juga tidak disukai lalat. Anda bisa mengiris timun menjadi beberapa potongan, lalu taruh potongan timun di lokasi yang sering dihinggapi lalat.

8. Plastik Isi Air

Lalat memiliki 3 ribu sampai 6 ribu mata. Nah, Anda bisa mengecohkan penglihatan lalat dengan menggantungkan plastik bening berisi air di lokasi yang sering dihinggapi lalat. Cara ini akan lebih efektif jika dilakukan di siang hari.

9. Kapur Barus

Dengan memanfaatkan kapur barus, Anda juga bisa mengusir lalat. Pasalnya, aroma kapur barus berfungsi untuk mengusir lalat. Anda bisa meletakkan kapur barus di lokasi yang sering dihinggapi lalat. Selain itu, kapur barus juga bisa ditaruh di lokasi lalat masuk ke rumah, seperti jendela maupun pintu rumah.

10. Campuran Air Bumbu Dapur

Campuran air bumbu dapur juga bisa menjadi cara mengusir lalat. Isi campuran yaitu beragam bumbu seperti, bawang putih, bubuk cabai, kayu manis, dan air.

Anda bisa menghaluskan berbagai bumbu dapur itu menggunakan blender, lalu tuang air dan aduk hingga rata. Berikutnya, saring campuran air dan bumbu dapur untuk menghilangkan sisa bahan yang sudah dihaluskan.

Kemudian, Anda masukkan air campuran bumbu dapur ke dalam botol semprotan. Setelah air campuran bumbu dapur itu selesai dibuat, Anda bisa menyemprotkan cairan ke lalat yang sedang berkerumun.

advertisement

TERBARU

Dikabarkan Putus dengan Happy Asmara, Denny Caknan Asyik Ngopi Bareng Prabowo 

Kabar Trenggalek - Artis dangdut Denny Caknan akhir ini dikabarkan putus cinta dengan Happy...

Jadwal Pelayanan dan Syarat Membuat SKCK Online di Polres Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek mengumumkan informasi pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian...

Apresiasi Daya Saing Digital Daerah, Trenggalek Raih Perhargaan EV-DCI 2022 Tingkat Nasional

Kabar Trenggalek - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek meraih penghargaan tingkat nasional. Penghargaan itu diberikan...

TOPIK TERKAIT