BerandaGaya HidupKhawatir Penggunaan Ponsel Pada Anak, Pakai Cara Ini untuk Mengontrolnya

Khawatir Penggunaan Ponsel Pada Anak, Pakai Cara Ini untuk Mengontrolnya

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Banyak orang tua menghawatirkan penggunaan ponsel pada anak, terutama saat masih usia di bawah 9 tahun. Kebanyakan orang tua khawatir terhadap kesehatan mata buah hatinya ketika terlalu lama memelototi layar handphone.

Orang tua khawatir jika anak-anak menggunakan handphone untuk hal-hal aneh, misalnya untuk mengakses konten yang tidak sesuai dengan usianya.

advertisement

Jaman memang telah berubah, saat ini teknologi menawarkan kemudahan serta menyuguhkan informasi tanpa batas kepada penggunanya. Supaya tidak terjadi suatu yang tidak diinginkan, memang sebaiknya kita ekstra hati-hati dalam menggunakan smartphone.

Bagi orang tua yang menginginkan kontrol lebih terhadap handphone pribadi anak, meski tidak berada dalam satu tempat dan bersama, anda bisa mencoba menggunakan aplikasi kontrol orang tua bernama Family Link buatan Google.

Aplikasi Family Link memungkinkan Anda menetapkan aturan penggunaan perangkat digital dari jarak jauh menggunakan perangkat Anda (gadget) ini sangat membantu untuk memandu anak Anda yang berusia muda atau remaja saat belajar, bermain, dan mengakses internet.

advertisement

Untuk anak-anak yang berusia di bawah 13 tahun, Family Link memungkinkan Anda membuat Akun Google untuk anak Anda yang serupa dengan akun Anda, dengan akses ke sebagian besar layanan Google.

Lantas apa saja keunggulan Family Link yang bisa Anda dapatkan untuk mengontrol anak?

1. Memandunya untuk Mencari Konten yang Bagus

Family Link bisa melihat aktivitas aplikasi yang digunakan anak. Waktu pemakaian perangkat tidak semuanya sama. Bantu anak Anda agar bijak dalam menggunakan perangkat Android-nya, dengan laporan aktivitas yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi favoritnya. Anda dapat melihat laporan harian, mingguan, atau bulanan.

2. Kelola Aplikasi Apa Saja yang Boleh Digunakan Anak

Ketika aplikasi Family Link sudah diaktifkan, anda akan menerima notifkasi di gadget milik Anda ketika anak menginstal aplikasi.

advertisement

Notifikasi praktis memungkinkan Anda menyetujui atau memblokir aplikasi yang ingin didownload oleh anak Anda dari Google Play Store.

Anda juga dapat mengelola pembelian dalam aplikasi dan menyembunyikan aplikasi tertentu di perangkatnya, semuanya dilakukan secara jarak jauh dari perangkat Anda.

3. Setel Batas Waktu Penggunaan HP Anak

Anda sebagai orang tua bisa memutuskan lama waktu pemakaian perangkat yang tepat bagi anak Anda. Family Link memungkinkan Anda menyetel waktu tidur dan batas waktu pemakaian perangkat yang diawasi agar keduanya dapat seimbang.

Tidak hanya itu saja, pada saat-saat tertentu, Baik saat bermain di luar, makan malam, atau berkumpul bersama, Anda dapat mengunci perangkat yang diawasi dari jarak jauh kapan pun mereka harus berhenti menggunakannya.

4. Melihat Lokasi Anak

Anda akan sangat terbantu jika dapat mengetahui lokasi anak saat dia tidak di rumah. Anda dapat menggunakan Family Link untuk membantu mengetahui lokasinya melalui perangkat Android yang dia bawa.

Untuk bisa menggunakan Family Link anda harus menginstal aplikasinya terlebih dahulu, anda bisa mendownloadnya melalui playstore. Silakan ikuti petunjuk penggunaan setelah anda memasangnya di handphone.

advertisement

Berita Baru

Tanah Longsor Hampir Menimpa Rumah Warga di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tanah longsor kembali terjadi di Trenggalek. Tepatnya, tanah longsor itu di...

Adu Kesaktian Bawaslu Lawan KPU Trenggalek, 2 Tuntutan Dikabulkan 

Kabar Trenggalek - Adu kesaktian antara lembaga penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di Trenggalek mencapai...

Gerakkan Roda Ekonomi, Novita Hardini Ajak Perempuan Trenggalek Jualan Sabun Momie

Kabar Trenggalek - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, mengadakan kegiatan Workshop...

Viral Hari ini

Spoiler One Piece 1059: Pertempuran Besar di Pulau Amazon Lily

Kabar Trenggalek - Setelah di One Piece chapter yang lalu kita disuguhi dengan bounty...

Berita Terkait