TRENDING

Inilah 4 Cara Membersihkan Karang Gigi secara Alami

Terbit:

Kabar Trenggalek Keberadaan karang gigi tentu membuat Anda tidak nyaman. Inilah 4 cara membersihkan karang gigi secara alami.

Karang gigi terbentuk karena penumpukan plak gigi. Sedangkan plak gigi merupakan suatu lapisan yang terbentuk di gigi Anda setelah makan atau minum. Jika tidak rutin dibersihkan, plak gigi mengandung bakteri akan menyebabkan gigi berlubang dan radang gusi.

advertisement

Plak gigi yang menumpuk, lama-kelamaan akan mengeras menjadi karang gigi. Warnanya putih kekuningan hingga hijau kehitaman. Karang gigi tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi.

Jika karang gigi dibiarkan menumpuk, maka akan timbul resiko seperti, bau mulut, gusi bengkak, gusi mudah berdarah, gusi terasa nyeri. Selain itu juga mengakibatkan gusi menjadi longgar sehingga akar gigi terbuka dan terasa nyeri,tulang penyangga gigi turun, gigi goyang, serta gigi copot dengan sendirinya.

Karang gigi tidak bisa dihilangkan hanya dengan sikat gigi. Biasanya, cara menghilangkan karang gigi yang paling efektif adalah dengan scaling gigi ke dokter spesialis gigi. Prosedur pembersihan karang gigi ini dilakukan menggunakan alat yang dinamakan ultrasonic scaler.

Biaya scaling gigi biasanya sekitar Rp200 ribu – Rp300 ribu, untuk kasus yang paling ringan. Sedangkan untuk kasus yang sedang, biaya scaling gigi rata-rata sekitar Rp 400 ribu – Rp600 ribu. Perkiraan biaya ini bisa lebih rendah atau tinggi tergantung pihak fasilitas kesehatan.

Akan tetapi, bagi Anda yang ingin menghemat uang, Anda perlu mencoba cara alami membersihkan karang gigi. Cara alami ini sederhana dan bisa dilakukan di rumah

Dilansir dari timesofindia, inilah 4 cara membersihkan karang gigi secara alami:

1. Soda Kue dan Garam

Soda Kue dan Garam
Soda Kue dan Garam/Foto: Istimewa

Perpaduan soda kue dan garam adalah obat kuno yang direkomendasikan oleh dokter gigi. Sebab, hasil campurannya berfungsi sebagai scrubber alami untuk menghilangkan akumulasi plak dan karang gigi.

advertisement

Anda bisa mencampurkan dua sendok makan soda kue dengan satu sendok makan garam dengan bantuan kuas. Kemudian, gosok gigi Anda dengan campuran ini dan bilas mulut Anda secara menyeluruh dengan air hangat.

2. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji
Daun jambu biji/Foto: Istimewa

Jambu biji dikenal memiliki sifat anti-inflamasinya yang membantu menghilangkan penumpukan plak pada gigi dan gusi. Jambu biji membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri pada gusi.

Anda bisa mencuci beberapa daun jambu biji, kunyah sampai bersih, lalu ludahkan. Lakukan ini setiap hari untuk mengurangi risiko pembentukan plak pada gigi.

3. Lidah buaya

Lidah buaya
Lidah buaya/Foto: Istimewa

Lidah buaya dikenal memiliki khasiat penyembuhan yang membantu mengatasi penyakit gusi akibat plak dan karang gigi. Selain itu, lidah buaya bisa membunuh bakteri dan menenangkan gigi dan gusi.

Anda bisa ekstrak pulp lidah buaya dari daun segar. Kemudian gosokkan pulp pada gigi Anda. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

4. Teh Hitam

Teh Hitam
Teh Hitam/Foto: Istimewa

Teh hitam dikenal memiliki sifat antioksidan dan antimikrobanya yang membantu mengurangi risiko pembentukan plak.

Anda bisa celupkan kantong teh hitam ke dalam secangkir air panas. Lalu, diamkan selama 5 menit dan biarkan dingin. Gunakan larutan ini untuk berkumur.

advertisement

TERBARU

SIM Bentuknya Kartu tapi Disebut Surat, KK Bentuknya Surat tapi Disebut Kartu, Kenapa Bisa Gitu?

Kabar Trenggalek - Bukan karena kurang kerjaan, tetapi bagi kita sebagai masyarakat yang teliti,...

Pemilu 2024, PKS dan NasDem Pasang Badan Soal Dapil Trenggalek Berubah

Kabar Trenggalek - Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah mendapat perhatian dari partai...

7 Bunga yang Mengeluarkan Aroma Harum saat Malam Hari, Salah Satunya Sering Dijumpai di Pemakaman

Kabar Trenggalek - Untuk menghiasi rumah, kebanyakan orang akan menanam tumbuhan. Entah di depan...

TOPIK TERKAIT