TRENDING

Dua Bulan Jelang Tutup Semester, Capaian PAD Trenggalek Belum Sentuh 35%

Terbit:

Kabar Trenggalek Sebanyak 12 organisasi perangkat daerah (OPD) penghasil pendapatan asli daerah (PAD) untuk Kabupaten Trenggalek, belum menunjukkan kinerja maksimal, Selasa (17/05/2022).

Memasuki bulan kelima, menjelang akhir semester satu tahun anggaran 2022, persentase capaian PAD Trenggalek rata-rata belum menyentuh 35%.

advertisement

Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek, Mugianto, menyebut ketika melihat progres capaian PAD pada 12 OPD sampai pertengahan Mei 2022, capaian PAD masih begitu minim.

Para OPD penghasil PAD ketika memasuki bulan kelima seharusnya sudah tembus atau minimal 35% dari target PAD.

“Mestinya mulai Maret, April, itu sudah kelihatan capaian target PAD sekian. Tapi ini masih di bawah 35%,” ungkapnya.

Mugianto mengakui ada beberapa OPD yang mengalami kendala dalam meningkatkan PAD.

Kendala-kendala itu karena faktor eksternal (faktor pandemi Covid-19) maupun internal (tataran teknis). Khususnya pada faktor kendala internal, Mugianto menilai kinerja petugas pungut kurang maksimal.

“Kami minta OPD penghasil maupun Bakeuda untuk meningkatkan kinerja petugas pungut, bisa lebih sportif, disiplin, dan kerja keras, agar target PAD bisa segera tercapai,” jelasnya.

Politikus Partai Demokrat itu menekankan, capaian PAD adalah tanggung jawab sebagai opd penghasil. Selama ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek sudah pemkab sudah menjamin hak ekonomi bagi para pegawai pemerintah.

advertisement

Mugianto menjelaskan, jaminan yang diberikan itu tentu bukan tanpa alasan. Di balik itu, OPD punya tanggung jawab melaksanakan setiap program kegiatan, salah satunya upaya meningkatkan PAD. Tak ayal, para pegawai pun tidak punya alasan lain, selain bekerja secara maksimal.

“Secara umum tadi saya sampaikan, kurang punya greget,” ucap Mugianto.

Dalam hal itu, komisi II akan terus memantau capaian PAD secara berkala. Apabila dibutuhkan, Komisi II akan mengajak rapat koordinasi untuk mengetahui tiap perkembangan.

Mugianto menekankan ke seluruh kepala dinas agar tidak melupakan tanggung jawab, bekerja efektif, dan lebih bekerja keras.

“Dengan memberi motivasi, agar lebih semangat, rapat periodik pun perlu supaya tidak cuma leha-leha, sehingga target PAD bisa tercapai sampai akhir tahun anggaran,” ujar Mugianto.

advertisement

TERBARU

Dikabarkan Putus dengan Happy Asmara, Denny Caknan Asyik Ngopi Bareng Prabowo 

Kabar Trenggalek - Artis dangdut Denny Caknan akhir ini dikabarkan putus cinta dengan Happy...

Jadwal Pelayanan dan Syarat Membuat SKCK Online di Polres Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek mengumumkan informasi pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian...

Apresiasi Daya Saing Digital Daerah, Trenggalek Raih Perhargaan EV-DCI 2022 Tingkat Nasional

Kabar Trenggalek - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek meraih penghargaan tingkat nasional. Penghargaan itu diberikan...

TOPIK TERKAIT