TRENDING

Cegah Kasus PMK, 4 Kecamatan di Trenggalek Jadi Fokus Pemeriksaan

Terbit:

Kabar Trenggalek Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang sudah mewabah di wilayah Jawa Timur bakal membuat ketar-ketir peternak hewan di Trenggalek, Minggu (15/05/2022).

Berdasarkan kondisi tersebut, populasi sapi pedaging dan perah akan mendapat pemeriksaan insentif oleh Dinas Peternakan (Disnak) Trenggalek untuk cegah kasus PMK.

advertisement

Nur Kholiq, Pelaksana Tugas (Plt) Disnak Trenggalek, mengatakan bahwa pihaknya akan fokus pada titik populasi sapi terbesar kurang lebih di empat kecamatan.

“Seperti di Bendungan Trenggalek, karena di situ didapati populasi sapi perah yang tinggi kami memberikan empat dokter hewan,” jelasnya.

Kholiq berharap, masyarakat yang nantinya diperiksa dimohon untuk komunikatif, karena wabah PMK bisa berakibat fatal terhadap hewan ternak.

“Nanti kalau ketemu hewan yang terindikasi PMK, hewan itu akan kami isolasi dan ada pemeriksaan untuk uji laboratorium,” harapnya

Kholiq menyampaikan, pedagang dan penjual yang tidak biasa berdagang di pasaran menjadi indikasi sasaran untuk pemeriksaan PMK. Sebab, potensi masuk hewan dari wilayah paparan PMK sangat dimungkinkan.

“Untuk blantik sementara kami larang mendatangkan sapi dari daerah yang sudah ada paparan PMK,” tegasnya.

Merujuk data Disnak Trenggalek, populasi sapi yang tinggi ada di 4 kecamatan, yaitu Panggul 5.065, Bendungan 7.056, Pule 4.206, Krangan 3.526. Data itu untuk populasi sapi potong.

advertisement

Kemudian, untuk sapi perah tertinggi ada di Kecamatan Bendungan yaitu 5.365, Pule 826, Dongko 333, Suruh 95.

advertisement

TERBARU

Dikabarkan Putus dengan Happy Asmara, Denny Caknan Asyik Ngopi Bareng Prabowo 

Kabar Trenggalek - Artis dangdut Denny Caknan akhir ini dikabarkan putus cinta dengan Happy...

Jadwal Pelayanan dan Syarat Membuat SKCK Online di Polres Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek mengumumkan informasi pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian...

Apresiasi Daya Saing Digital Daerah, Trenggalek Raih Perhargaan EV-DCI 2022 Tingkat Nasional

Kabar Trenggalek - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek meraih penghargaan tingkat nasional. Penghargaan itu diberikan...

TOPIK TERKAIT