BerandaNewsSosialMuhammadiyah Trenggalek Mulai Puasa 1 Ramadhan 1443 Hijriah Pada 02 April 2022

Muhammadiyah Trenggalek Mulai Puasa 1 Ramadhan 1443 Hijriah Pada 02 April 2022

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Muhammadiyah Trenggalek menetapkan bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, berdasarkan hasil keputusan hisab Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Jumat (01/03/2022).

Merujuk keterangan Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022, bahwa berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh majelis tarjih dan tajdid PP Muhammadiyah, menentapkan 1 Ramadhan 1443 H, pada 02 April 2022.

advertisement

Pimpinan Daerah (PD) Muhamadiyah Trenggalek, Rohmad, saat dikonfirmasi mengatakan dirinya akan patuh apa yang menjadi maklumat PP Muhammadiyah
dengan penetapan 1 Ramadhan 1443H.

“Kami mulai puasa besok, sesuai dengan maklumat PP Muhammadiyah, jadi kami tidak menunggu pemerintah, karena kami memiliki pedoman hasil hisab, yang selama ini sudah lama kami pakai,” jelas Rohmad.

Menurut Rohmad, dirinya sudah memberikan informasi tersebut kepada Masjid maupun mushola Muhamamdiyah di Trenggalek, sehingga pada malam ini semuanya sudah melakukan shalat tharawih.

advertisement

“Kami juga sudah diberikan pedoman, melaksanakan ibadah tarawih di saat pandemi Covid-19, yang mana jaga jarak sudah tidak ada dan tetap memakai masker, dan kami sudah himbau untuk mematuhi pedoman itu,” kata Rohmad.

Sementara itu, Sekretaris PD Muhammadiyah Trenggalek, Soeripto, menambahkan penentuan 1 Ramadhan 1443H menganut Hisab Haqiqi Wujudul Hilal, artinya berpedoman pada hasil hisab.

“Sehingga hasil hisab dari majlis tarjih dan dan tajdid pimpinan pusat pada hari ini jam 13.00 tadi, sudah terjadi ijtima’, yang artinya bulan syaban itu sudah berakhir,” ujar Soeripto.

Dengan demikian, untuk menentukan telah terjadi tanggal baru 1 Ramadhan 1443H adalah dengan melihat hilal, maka yang dianut adalah hilal bakda ghurub.

advertisement

“Bakda ghurub itu adalah setelah terbenam matahari, posisi hilal itu sudah 2 derajat, maka Muhammadiyah sudah menentukan 1 Ramadhan adalah 02 April 2022, jadi Muhammadiyah sudah positif berapapun drajatnya itu sudah masuk bulan ramadhan,” jelas Soeripto.

advertisement

Berita Baru

Duka Tragedi Kanjuruhan, Korban Meninggal Jadi 131 Orang

Kabar Trenggalek - Kabar duka menghampiri seluruh masyarakat Indonesia. Pasca pertandingan Arema Vs Persebaya...

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Jokowi Layangkan Tiga Tuntutan 

Kabar Trenggalek - Tragedi Stadion Kanjuruhan yang melangsungkan pertandingan sepak bola BRI Liga 1...

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Presiden Arema FC Juragan 99 Angkat Bicara 

Kabar Trenggalek - Insiden merenggut nyawa dunia sepak bola Indonesia mendapatkan perhatian khusus dari...

Viral Hari ini

Wisata Berbasis Konservasi Alam Kedung Gede, Satu Satunya di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tidak terlalu jauh dari kota untuk menuju Kedung Gede di Desa...

Berita Terkait