BerandaNewsJawa TimurKondisi Terkini Arus Mudik Lebaran Hari Raya Idhul Fitri 1433 H di...

Kondisi Terkini Arus Mudik Lebaran Hari Raya Idhul Fitri 1433 H di Jawa Timur

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meninjau arus mudik lebaran Hari Raya Idhul Fitri di Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Hal itu disampaikan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur (Kominfo Jatim), Rabu (27/4/2022).

Khofifah bersama rombongan menuju Kapal Dharma Kartika yang siap berlayar ke Pulau Raas dan Kalianget Kabupaten Sumenep, dengan kapasitas maksimum mengangkut 220 orang penumpang.

advertisement

Di kapal itu, Khofifah melakukan pengecekan, menyapa para pemudik, dan memastikan bahwa semua dalam kondisi prima untuk mewujudkan mudik yang aman, sehat, lancar dan selamat.

“Kami sengaja turun ke Pelabuhan Jangkar ini untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan mudik lebaran. Kita berharap seperti apa yang Bapak Kapolri sampaikan, mudik tahun ini diharapkan aman dan sehat. Kalau saya menambahkan, aman sehat lancar dan selamat,” kata Khofifah.

Lebih lanjut, guna mewujudkan mudik aman sehat lancar dan selamat, Pemprov Jatim bersama Forkopimda Jatim telah melakukan koordinasi terkait persiapan mudik lebaran kali ini. Khofifah mengatakan, di seluruh Jawa Timur terdapat 169 pos pengamanan (pos pam), 49 pos pelayanan (pos yan), dan ada 23 pos terpadu di rest area.

advertisement

“Jadi ada pos pam, pos yan, pos terpadu kita sudah melakukan rakor lintas sektor, terakhir tiga hari lalu di Batu Ada pak pangdam, ada Kapolda juga Pangko Armada 2,” ungkapnya.

Selain itu, untuk menjaga situasi tetap sehat bagi semua, sekaligus langkah antisipasi penyebaran Covid-19, maka akan dilakukan random swab check bagi pemudik di pos-pos terpadu yang telah disediakan Pemprov Jatim bersama Forkopimda Jatim.

Khofifah menyampaikan, puskesmas dan rumah sakit terdekat sudah siap untuk melayani ketika didapati pemudik yang terkonfirmasi positif dan bergejala baik ringan, sedang ataupun berat.

“Kalau misalnya ada swab antigen kemudian reaktif maka di swab PCR, kalau misalnya terkonfirmasi positif dan tidak bergejala maka diminta dirujuk ke Puskesmas terdekat atau karantina terdekat tapi kalau bergejala sedang atau berat maka dirujuk ke rumah sakit terdekat,” urainya.

advertisement

Khofifah menjelaskan, seluruh Kabupaten Kota di Jawa Timur pun telah siap siaga menghadapi arus mudik dan arus balik di Jawa Timur. Hal tersebut telah dikoordinasikan dengan Bupati Walikota dan Forkopimdanya.

“Supaya terkonfirmasi bahwa pelayanan kita seterpadu mungkin semaksimal mungkin dengan konektivitas sebaik mungkin,” imbuhnya.

Sedangkan untuk keamanan layanan arus mudik dan balik di Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo, Khofifah bisa memastikannya. Pasalnya pada tahun ini Pelabuhan Jangkar sudah dilengkapi dengan movable bridge. Begitu juga dengan armada kapal yang telah dilakukan cek kelaikan berlayar dari Kesyahbandaran.

“Saya rasa kawan-kawan bisa membedakan antara pelabuhan jangkar tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya, ini sudah dengan movable bridge yang kita injak ini, dengan begitu kendaraan aman, armada kapal juga tentu semua sudah di dalam proses cek oleh Kesyahbandaran,” tandasnya.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menyampaikan pihaknya menyiapkan layanan vaksinasi booster di pelabuhan Jangkar. Sebab, vaksin booster adalah syarat utama diperbolehkan mudik lebaran tahun ini.

“Kita sudah memfasilitasi berbagai hal yang diperlukan termasuk bagi mereka yang belum booster dan lain sebagainya kita sudah sediakan petugas di pelabuhan,” kata Karna.

Kadishub Jatim, Nyono, memastikan bahwa keselamatan penumpang menjadi hal utama pada mudik lebaran kali ini termasuk di Pelabuhan Jangkar Situbondo. Menurutnya Kesyahbandaran setempat telah melakukan cek kelaikan berlayar untuk armada yang melayani arus mudik dan arus balik di Pelabuhan Jangkar.

“Untuk keselamatan kapal sudah di cek oleh Syahbandar dan dinyatakan laik untuk berlayar, jadi penumpang sudah merasa tenang karena semua sudah dicek oleh petugas Syahbandar,” ujar Nnyono.

advertisement

Berita Baru

Tanah Longsor Hampir Menimpa Rumah Warga di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tanah longsor kembali terjadi di Trenggalek. Tepatnya, tanah longsor itu di...

Adu Kesaktian Bawaslu Lawan KPU Trenggalek, 2 Tuntutan Dikabulkan 

Kabar Trenggalek - Adu kesaktian antara lembaga penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di Trenggalek mencapai...

Gerakkan Roda Ekonomi, Novita Hardini Ajak Perempuan Trenggalek Jualan Sabun Momie

Kabar Trenggalek - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, mengadakan kegiatan Workshop...

Viral Hari ini

Spoiler One Piece 1059: Pertempuran Besar di Pulau Amazon Lily

Kabar Trenggalek - Setelah di One Piece chapter yang lalu kita disuguhi dengan bounty...

Berita Terkait