BerandaGaya HidupRagam Makanan Khas Jawa Timur, Cocok untuk Santapan Setiap Hari 

Ragam Makanan Khas Jawa Timur, Cocok untuk Santapan Setiap Hari 

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek – Provinsi Jawa Timur selain memiliki keindahan wisata, juga memiliki banyak ragam makanan khas Jawa Timur.

Makanan khas Jawa Timur itu mudah ditemukan di berbagai Kabupaten atau Kota. Makanan khas tersebut juga masuk dalam kategori makanan legendaris.

advertisement

Berikut ini makanan khas Jawa Timur, yang legendaris, dan cocok untuk santapan setiap hari:

1. Lontong Balap

Lontong balap adalah Makanan khas Jawa Timur. Kuliner lontong balap ini rasanya semakin dahsyat dengan tambahan tahu goreng, kecap, tauge, dan kuah gurih.

advertisement

Sebagai pelengkap, lontong balap biasa disantap bersama lentho. Gorengan yang terbuat dari kacang tolo. Lontong balap dikenal dengan kaya rasa karena di setiap suapan akan ada rasa gurih, pedas, dan manis yang memanjakan lidah.

2. Tahu Tek

Sesuai dengan namanya, makanan khas Jawa Timur satu ini dibuat dengan bahan dasar tahu. Dengan campuran lontong, kentang, tauge, serta acar, tahu tek disiram dengan bumbu kacang petis yang lezat. Tahu tek makin lezat bila ditambah toping telor.

3. Nasi Krawu

advertisement

Menu ini berasal dari Gresik dan terkenal dengan sajiannya yang menggunakan daun pisang. Konon, menu ini awalnya dijual oleh masyarakat Madura ke Gresik.

Dalam nasi krawu terdapat isian berupa daging sapi, seperti semur daging, jeroan sapi, sambal terasi serta topping serundeng. Bagi anda pecinta pedas, wajib mencoba menu ini. Sebab, sambalnya selalu disajikan dengan level yang sangat pedas.

4. Soto

Soto memang tidak hanya tersedia di Jawa Timur. Namun, menu ini memiliki cita rasa khas punya ciri atau pembeda di masing-masing daerah Jatim.

Misalnya soto Lamongan dengan taburan koya, soto Jombang yang kuahnya tak terlalu kental, serta soto Madura yang identik dengan lauk daging. Meski jenisnya banyak, rasa soto itu dianggap selalu cocok bagi lidah orang Indonesia.

5. Rawon

Kuliner ini identik dengan kuah hitamnya. Warna hitam pada rawon tersebut berasal dari rempah khas Jatim, kluwek. Sangking terkenalnya, rawon biasanya menjadi jujukan kuliner para pejabat jika berkunjung ke Jatim, seperti Surabaya, Malang, atau Pasuruan.

Menu ini juga cocok bagi Anda yang tidak suka pedas, sebab rasanya cenderung gurih. Serta lebih nikmat disantap dengan nasi putih, kerupuk, serta lauk pelengkap seperti telur asin.

6. Rujak Cingur

Menu ini berasal dari Kota Surabaya. Cingur sendiri merupakan daging pada mulut sapi yang direbus. Bahan utama itu dicampur dengan irisan tempe, tahu, timun, nanas, lontong, sayuran, bumbu kacang, serta petis.

Sebagian orang akan merasa aneh saat akan menyantap menu tersebut. Namun, makanan tradisional khas Jatim itu ternyata banyak disukai orang dan bikin ketagihan.

7. Pecel

Makanan tradisional ini terbuat dari berbagai macam sayuran yang direbus dan diberi bumbu saus kacang pedas. Jenis sayuran yang ada di dalamnya antara lain kacang panjang, tauge, mentimun, serta daun singkong.

Salah satu pelengkap dalam makanan ini adalah peyek kacang. Anda bisa menyantapnya bareng nasi putih dan teh manis agar lebih nikmat. Kuliner ini bisa ditemui di hampir semua daerah di Jatim.

Nah, itu tadi makanan khas Jawa Timur yang legendaris dan memiliki aneka ragam rasa yang nikmat, cocok untuk makanan setiap hari kalian.

advertisement

Berita Baru

Hari Jadi Jawa Timur ke-77, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Melintasi Trenggalek

Kabar Trenggalek - Panji lambang Provinsi Jawa Timur dikirab melintasi 38 kabupaten/kota di Jawa...

5 Headset Affordable Terbaik untuk Desainer

Kabar Trenggalek - Bekerja sebagai desainer sangat membutuhkan fokus dan suasana yang nyaman. Biasanya...

Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk Push Up, Mahfud MD Beri Komentar

Kabar Trenggalek - Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk...

Viral Hari ini

5 Anime Fall Season 2022 yang Layak dan Wajib Ditonton

Kabar Trenggalek - Musim baru Anime Fall Season 2022 telah tiba dan selamat tinggal...

Berita Terkait