BerandaNewsHukumKekerasan Seksual Terus Meningkat, Begini Respons Mensos Risma

Kekerasan Seksual Terus Meningkat, Begini Respons Mensos Risma

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Kasus kekerasan seksual terus meningkat di berbagai daerah di Indonesia. Merespons hal ini, Kementerian Sosial menerbitkan Surat Edaran (SE) No. 2 Tahun 2022 tentang Pengamanan dan Perlindungan Anak di Berbagai Lingkungan, Selasa (08/03/2022).

SE tersebut diterbitkan oleh Menteri Sosial, Tri Rismaharini, dan ditujukan kepada pemerintah daerah (pemda) seperti gubernur, bupati/wali kota, dan para pemangku kepentingan. Risma meminta kepada kepala daerah agar memberikan dukungan maksimal untuk melindungi dan menciptakan lingkungan yang aman bagi anak-anak.

advertisement

Risma mengingatkan adanya peningkatan kekerasan terhadap anak. Oleh karena itu diperlukan upaya yang terarah, terpadu, sistematis dan berkelanjutan dalam pencegahan, penanganan dan pendampingan terhadap anak.

“Anak telah mengalami tindak kekerasan, eksploitasi, penelantaran dan diskriminasi. SE ini dimaksudkan mengajak pemda untuk melakukan pencegahan, memberikan perlindungan, dan memastikan anak mendapatkan lingkungan yang aman,” kata Risma di Jakarta, Senin (07/03/2022).

Dalam SE itu, Risma meminta pemda agar seluruh organisasi dan perangkat daerah sesuai dengan kewenangannya memberikan pengamanan dan perlindungan dari lingkungan yang rentan untuk terjadinya tindak kekerasan, eksploitasi, penelantaran dan diskriminasi.

advertisement

Selain itu, SE tersebut meminta pemda untuk mengidentifikasi dan melaksanakan upaya perlindungan dan pengamanan kepada anak serta melakukan pencegahan, penanganan, dan pendampingan terhadap anak.

Berkaitan dengan kasus-kasus kekerasan terhadap anak yang terus meningkat, Risma dan jajaran Kemensos telah merespon permasalahan anak dan perempuan dengan melaksanakan pencegahan dan penanganan.

“Pencegahan meliputi pengasuhan; upaya pencegahan berfokus pada anak, orang tua dan komunitas; kampanye sosial; dan penegakan hukum. Penanganan dilakukan dengan pelaporan, asesmen dan penanganan komprehensif; penegakan hukum; pelibatan berbagai disiplin ilmu; dan pelibatan stakeholders,” jelas Risma.

advertisement

Berita Baru

Tanah Longsor Hampir Menimpa Rumah Warga di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tanah longsor kembali terjadi di Trenggalek. Tepatnya, tanah longsor itu di...

Adu Kesaktian Bawaslu Lawan KPU Trenggalek, 2 Tuntutan Dikabulkan 

Kabar Trenggalek - Adu kesaktian antara lembaga penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di Trenggalek mencapai...

Gerakkan Roda Ekonomi, Novita Hardini Ajak Perempuan Trenggalek Jualan Sabun Momie

Kabar Trenggalek - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, mengadakan kegiatan Workshop...

Viral Hari ini

Spoiler One Piece 1059: Pertempuran Besar di Pulau Amazon Lily

Kabar Trenggalek - Setelah di One Piece chapter yang lalu kita disuguhi dengan bounty...

Berita Terkait