BerandaNewsKesehatanJawa Timur Sumbang Angka Terbesar Masyarakat Desa Tak Patuh Pakai Masker

Jawa Timur Sumbang Angka Terbesar Masyarakat Desa Tak Patuh Pakai Masker

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Pandemi Corona Virus Disaese (Covid-19) di Indonesia hampir dua tahun berjalan. Hal demikian memberi beberapa catatan terkait keteledoran warga yang tidak memakai masker, Kamis (24/03/2022).

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers daring “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia” pada Rabu malam, 23 Maret 2022, menegaskan Jawa Timur sumbang angka terbesar masyarakat desa tak patuh pakai masker.

advertisement

Jawa Timur jadi penyumbang terbesar, dan disusul Aceh, kemudian Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Riau. Menurut catatan Wiku sebanyak 366 kelurahan atau desa di Jawa Timur tak patuh pakai masker.

“Provinsi yang menjadi penyumbang desa atau kelurahan terbanyak dengan kepatuhan rendah adalah Jawa Timur, yakni 366 kelurahan,” ujar Wiku.

Wiku mengungkapkan, berdasarkan laporan yang diterimanya, saat ini terdapat 29% atau sebanyak 1.811 desa atau kelurahan dengan kepatuhan memakai masker yang masih rendah.

advertisement

Wiku mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan di tengah upaya gencarnya vaksinasi booster.

Menurut dia, Indonesia harus belajar dari beberapa negara dengan tingkat capaian vaksin booster tinggi tapi tidak disertai dengan disiplin protokol kesehatan.

Negara-negara itu, yakni Italia, Jerman, Inggris, Vietnam dan Thailand disebutnya mencatat kenaikan kasus infeksi kembali.

“Berkaca pada data tersebut, mari kita kencangkan kembali masker kita, rutin mencuci tangan, dan sebisa mungkin hindari kerumunan dan jaga jarak,” ujar Wiku.

advertisement

Berita Baru

Pertama di Indonesia, Kadin Trenggalek Goes To School: Tumbuhkan Minat Jadi Pengusaha

Kabar Trenggalek - Perkembangan zaman yang terus melangkah maju tak lain sama dengan dunia...

Sinopsis Jelangkung Sandekala dan Jadwal Tayang di Bioskop Trenggalek

Kabar Trenggalek - Perasaan gembira saat berwisata tak selalu sesuai dengan realita. Ketika ingin...

Ramai Tolak Tambang Emas Trenggalek di Akun Twitter Emil Dardak, Ini Duduk Perkaranya

Kabar Trenggalek - Suara tolak tambang emas Trenggalek sempat ramai di twitter @EmilDardak, milik Emil...

Viral Hari ini

Hari Jadi Trenggalek Ke-828, Bupati Sebut Berbeda dari Tahun Sebelumnya

Kabar Trenggalek - Peringatan Hari Jadi Trenggalek ke-828, Bupati Mochamad Nur Arifin, menyebut ada...

Berita Terkait