BerandaNewsEkonomiTak Mau Jadi Beban Pemkab, Pengusaha Perempuan Wajib Tekan Stunting di Trenggalek

Tak Mau Jadi Beban Pemkab, Pengusaha Perempuan Wajib Tekan Stunting di Trenggalek

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek – Tonggak utama pemulihan pandemi Covid-19 melalui sektor ekonomi, terus digencarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, Rabu (23/02/2022).

Disinyalir misi panjang dari pengusaha Trenggalek tersebut adalah untuk menekan angka kurang gizi atau stunting di Trenggalek yang selama ini menjadi beban pekerjaan Pemkab.

advertisement

Tak ayal, tujuan tersebut kini mulai dipersiapkan yaitu dengan memberdayakan pengusaha perempuan sebanyak 5 ribu pengusaha, hal demikian menjadi kemudahan untuk beban selama ini menekan angka stunting.

Detail Wakil Bupati Trengalek, Syah M Natanegara, dari program itu tercatat sebanyak 64 persen atau 1.571 perempuan muda yang mendapatkan peningkatan kapasitas pasca pelatihan.

Ada 389 pengusaha yang sudah punya legalitas usaha serta 1.267 perempuan muda membuka usaha baru sehingga pendapatan meningkat.

advertisement

“Ada sebanyak 2.468 wirausahawan baru yang terintervensi program JAPRI,” kata Syah.

Diakuinya, gender perempuan adalah agen yang dapat menekan angka stunting. Beranjak dari survei menyebutkan, sebagian besar dari penghasilan kaum perempuan akan kembali untuk kebutuhan keluarga.

“Berdasarkan survei, bila perempuan berpenghasilan maka sebagian besar penghasilannya akan dikembalikan untuk perbaikan gizi dan pendidikan keluarga, ini menjadi tujuan,” tegasnya.

Tak jauh beda, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, membenarkan visi menciptakan 5 ribu pengusaha perempuan itu dapat meningkatkan kemampuan pemkab menjadi semakin berdaya dan naik kelas.

advertisement

Namun menurutnya, inisiasi dari program itu harus lebih konsisten, agar skala bisnis dari para pengusaha perempuan Trenggalek bisa lebih meningkat.

“Ketika ibu-ibu itu makin berdaya, otomatis anak-anaknya juga mendapat fasilitas pendidikan yang memadai. Tentunya, makin memadainya fasilitas pendidikan itu akan berdampak positif terhadap generasi muda masa depan. Dan, Kabupaten Trenggalek menjadi lebih berkualitas,” tandasnya.

advertisement

Berita Baru

Pertama di Indonesia, Kadin Trenggalek Goes To School: Tumbuhkan Minat Jadi Pengusaha

Kabar Trenggalek - Perkembangan zaman yang terus melangkah maju tak lain sama dengan dunia...

Sinopsis Jelangkung Sandekala dan Jadwal Tayang di Bioskop Trenggalek

Kabar Trenggalek - Perasaan gembira saat berwisata tak selalu sesuai dengan realita. Ketika ingin...

Ramai Tolak Tambang Emas Trenggalek di Akun Twitter Emil Dardak, Ini Duduk Perkaranya

Kabar Trenggalek - Suara tolak tambang emas Trenggalek sempat ramai di twitter @EmilDardak, milik Emil...

Viral Hari ini

Hari Jadi Trenggalek Ke-828, Bupati Sebut Berbeda dari Tahun Sebelumnya

Kabar Trenggalek - Peringatan Hari Jadi Trenggalek ke-828, Bupati Mochamad Nur Arifin, menyebut ada...

Berita Terkait