BerandaNewsHukumSatlantas Trenggalek Bakal Kirim Surat Tilang ke Rumah Pelanggar Lalu Lintas

Satlantas Trenggalek Bakal Kirim Surat Tilang ke Rumah Pelanggar Lalu Lintas

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Warga Trenggalek bakal dikagetkan dengan surat tilang yang tiba di rumahnya, ketika ketahuan menjadi pelanggar lalu lintas. Pengiriman surat tilang tersebut berdasarkan atas nama kepemilikan kendaraan, Rabu (02/02/2022).

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek mengirimkan surat berdasarkan data kepemilikan di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

advertisement

“Jadi, setelah menerima surat itu, yang bersangkutan juga harus melakukan konfirmasi balik ke Satlantas Pores Trenggalek untuk kebenaran data tersebut,” terang Kasatlantas Polres Trenggalek, AKP Meita Anisa Saputra.

Baca juga: Wisatawan Asal Trenggalek Meninggal Terseret Ombak Pantai Niyama Tulungagung

Meita menjelaskan, warga yang melakukan balik nama, dibarengi dengan pajak lima tahunan. Ketika pajak lima tahunan tersebut belum berakhir, warga belum bisa melakukan balik nama.

advertisement

“Jadi, jika bukan lagi pemilik kendaraan itu namun dapat konfirmasi, bisa lapor jual. Setelah itu kami akan laksanakan blokir terhadap surat-surat kendaraan tersebut,” jelas Meita.

Menurut penjelasan Meita, surat konfirmasi biasanya akan sampai di rumah pelanggar antara satu hingga dua hari setelah pelanggaran terekam. Setelah pelanggaran terkonfirmasi, pelanggar bisa melanjutkan dengan sidang tilang serta membayar denda melalui bank.

Baca juga: Tergiur Hadiah Jualan Online, Warga Trenggalek Tertipu Puluhan Juta

Meita mengatakan, bagi pelanggar yang tidak mendapat surat konfirmasi, denda tilang otomatis akan tercantum ketika mereka hendak membayar pajak kendaraan.

advertisement

“Untuk keberadaan mobil Incar sendiri hampir setiap hari melakukan patroli di lokasi yang berbeda-beda, dengan durasi patroli 4-5 jam, dari situ ada 100-150 pelanggaran yang terekam,” kata Meita.

Meita mengungkapkan, sejak awal beroperasi hingga saat ini, ada lebih dari 5 ribu pelanggaran lalu lintas terjadi di Kabupaten Trenggalek dari hasil patroli mobil Incar.

Pelanggaran yang paling banyak terekam adalah pengemudi sepeda motor tidak memakai helm, pelanggaran rambu, dan kendaraan yang tidak memenuhi syarat spesifikasi.

“Dari jumlah pelanggar yang kami kirim surat, setengah di antaranya telah melakukan konfirmasi dan membayar tilang,” terang Meita.

advertisement

Berita Baru

Hari Jadi Jawa Timur ke-77, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Melintasi Trenggalek

Kabar Trenggalek - Panji lambang Provinsi Jawa Timur dikirab melintasi 38 kabupaten/kota di Jawa...

5 Headset Affordable Terbaik untuk Desainer

Kabar Trenggalek - Bekerja sebagai desainer sangat membutuhkan fokus dan suasana yang nyaman. Biasanya...

Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk Push Up, Mahfud MD Beri Komentar

Kabar Trenggalek - Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk...

Viral Hari ini

5 Anime Fall Season 2022 yang Layak dan Wajib Ditonton

Kabar Trenggalek - Musim baru Anime Fall Season 2022 telah tiba dan selamat tinggal...

Berita Terkait