BerandaNewsLingkunganMarak Terjadi Pohon Tumbang, Ini Langkah Pemkab Trenggalek

Marak Terjadi Pohon Tumbang, Ini Langkah Pemkab Trenggalek

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Pohon tumbang di Trenggalek kerap terjadi ketika hujan dibarengi dengan angin kencang, Jumat (11/02/2022).

Pohon tumbang di pinggir jalan juga membahayakan pengguna jalan yang sedang melintas. Pemerintah Kabupaten Trenggalek melakukan antisipasi dengan pemotongan bagian dahan.

advertisement

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Trenggalek, Stevanus Triadi, mengatakan kegiatan pemotongan tersebut dilakukan di beberapa titik.

Baca juga: Pohon Tumbang Menutup Akses Jalan Dua Kecamatan di Trenggalek

Namun untuk fokus pemotongan pohon tersebut di ruas jalan nasional Trenggalek-Tulungagung, mulai perbatasan Kecamatan Durenan sampai dengan Karangsoko.

advertisement

“Hari ini sasaran kami adalah Kecamatan Durenan, ini akan terus sampai Jarakan Karangsoko. Ini tidak kami tebang sampai bawah, istilahnya pengeprasan, terhadap pohon peneduh yang kondisinya telah lapuk maupun rawan tumbang,” jelas Triadi.

Menurut Triadi, tingkat kerawanan pohon tumbang di ruas jalan nasional cukup tinggi. Terlebih lokasi tersebut merupakan akses utama yang menghubungkan Kabupaten Trenggalek dengan Tulungagung maupun sebaliknya.

Baca juga: Pohon Tumbang Timpa Truk Gandeng di Trenggalek

“Beberapa kejadian pohon tumbang sampai menutup total jalan. Kami tidak ingin ada kejadian serupa, apalagi ada korban, jangan sampai,” jelasnya.

advertisement

Triadi menjelaskan, kondisi cuaca selama satu bulan terakhir cenderung tidak menentu. Namun saat turun hujan, intensitasnya cukup tinggi dan disertai angin kencang.

“Pagi cuaca cerah, tiba-tiba siangnya hujan cukup deras dan angin kencang. Hal seperti ini sering kita jumpai,” jelas Triadi.

Pihaknya menegaskan proses penebangan tidak sembarangan, namun atas kajian bersama tim gabungan.

Peristiwa pohon tumbang di Trenggalek
Peristiwa pohon tumbang di Trenggalek/Foto: Kabar Trenggalek

Baca juga: Pengendara Motor di Trenggalek Tertimpa Pohon Tumbang

“Kami tetap memperhatikan sisi penghijauannya, makanya tidak kami potong total. Itu pun hanya pohon yang rawan saja,” tandasnya.

Sebelumnya, ada enam kejadian pohon tumbang di Trenggalek:

  1. Pohon tumbang di Jalur Lintas Selatan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, pada Selasa (11/01/2022). Pohon tumbang itu menyebabkan satu orang mengalami luka.
  2. Pohon tumbang di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, pada Sabtu, (15/01/2022). Pohon tumbang itu menimpa dua rumah warga Desa Krandegan, Kecamatan Gandusari.
  3. Pohon tumbang di Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, pada Sabtu (15/01/2022). Pohon tumbang itu melintangi jalan di Kecamatan Bendungan, sehingga kendaraan tidak bisa lewat.
  4. Pohon tumbang di Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek, pada Minggu (16/01/2022). Pohon tumbang itu menimpa warung sate di Jalan Raya Kedunglurah, Kecamatan Durenan.
  5. Pohon tumbang di Kecamatan Trenggalek, pada Senin (17/01/2022). Pohon tumbang itu menimpa pengendara motor yang sedang melintas di Jln Supriyadi, Desa Ngares, Kecamatan Trenggalek. Akibatnya, pengendara motor terjatuh, mengalami luka ringan serta ada kerusakan ringan juga di motornya.
  6. Pohon tumbang di Kecamatan Durenan, pada Minggu (06/02/2022). Pohon tumbang itu menimpa truk gandeng saat melintas jalan tersebut.
advertisement

Berita Baru

Hari Jadi Jawa Timur ke-77, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Melintasi Trenggalek

Kabar Trenggalek - Panji lambang Provinsi Jawa Timur dikirab melintasi 38 kabupaten/kota di Jawa...

5 Headset Affordable Terbaik untuk Desainer

Kabar Trenggalek - Bekerja sebagai desainer sangat membutuhkan fokus dan suasana yang nyaman. Biasanya...

Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk Push Up, Mahfud MD Beri Komentar

Kabar Trenggalek - Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk...

Viral Hari ini

5 Anime Fall Season 2022 yang Layak dan Wajib Ditonton

Kabar Trenggalek - Musim baru Anime Fall Season 2022 telah tiba dan selamat tinggal...

Berita Terkait