BerandaNewsEkonomiHarapan Bupati Trenggalek Kepada Para Pelaku UMKM

Harapan Bupati Trenggalek Kepada Para Pelaku UMKM

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bumi Menak Sopal Trenggalek harus bisa menjalin kerukunan antara sesama pelaku UMKM. Hal demikian disampaikan Mochamad Nur Arifin, Bupati Trenggalek, dalam pelantikan Asosiasi UMKM, di Gedung Bhawarasa, Selasa (19/01/2022).

Kerukunan yang dimaksud adalah ketika produk satu UMKM bagus, maka UMKM tersebut bisa mengajari UMKM lainnya. Sehingga, perkembangan UMKM di Trenggalek mampu berjalan beriringan.

advertisement

Arifin berharap, UMKM yang sudah laris mampu mengajari kepada UMKM yang belum laris. Hal demikian, kata Arifin, sangat berimbas terhadap pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Kerajinan Kulit Trenggalek Bertahan di Masa Pandemi Covid-19 dengan Digitalisasi UMKM

“UKM harus bisa rukun dan kami harapkan bisa komunikasi dengan dinas yang bagus. Sehingga ketika ada peluang, bisa dimanfaatkan secara bersama-sama,” tegas lelaki yang akrab disapa Mas Ipin itu.

advertisement

Salah satu program Mas Ipin tentang UMKM adalah lima ribu pengusaha UMKM perempuan. Ke depannya, Mas Ipin akan menerbitkan surat edaran supaya para pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, memakai baju bebas yang bisa mengenalkan produk UMKM, setiap hari Jumat.

Kemudian, pada hari Kamis, para pejabat Pemkab Trenggalek akan memakai baju surjan bawahan batik. Menurut Mas Ipin, kebijakan itu bisa menggerakkan UMKM lokal.

Baca juga: Menelusuri Masalah Pendataan Warga Penerima Bansos Covid-19 di Trenggalek

Tak tanggung-tanggung, Mas Ipin menginginkan UMKM Trenggalek bisa masuk ekspor. Sehingga, produk UMKM Trenggalek bisa dipasarkan di luar negeri.

advertisement

“Jadi sebagian besar itu yang kita harapkan, termasuk juga tadi karena ada Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja saya berharap UMKM kami bisa go ke ekspor. Salah satunya memanfaatkan teman-teman diaspora yang ada, sebagai agen pemasaran dari produk UMKM lokal,” tutup Bupati Trenggalek.

Dalam pelantikan Asosiasi UMKM ini, Mas Ipin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pelaku UMKM yang ada. Apalagi pertumbuhan ekonomi di Trenggalek, salah satunya ditopang oleh UMKM. Selain itu keberadaan UMKM juga membuat Trenggalek mempunyai kemampuan untuk bangkit.

advertisement

Berita Baru

Hari Jadi Jawa Timur ke-77, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Melintasi Trenggalek

Kabar Trenggalek - Panji lambang Provinsi Jawa Timur dikirab melintasi 38 kabupaten/kota di Jawa...

5 Headset Affordable Terbaik untuk Desainer

Kabar Trenggalek - Bekerja sebagai desainer sangat membutuhkan fokus dan suasana yang nyaman. Biasanya...

Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk Push Up, Mahfud MD Beri Komentar

Kabar Trenggalek - Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk...

Viral Hari ini

5 Anime Fall Season 2022 yang Layak dan Wajib Ditonton

Kabar Trenggalek - Musim baru Anime Fall Season 2022 telah tiba dan selamat tinggal...

Berita Terkait