BerandaNewsLingkunganDua Kali Rusak Dihantam Banjir, Jembatan Pule Trenggalek Dibangun Lagi Tahun 2022

Dua Kali Rusak Dihantam Banjir, Jembatan Pule Trenggalek Dibangun Lagi Tahun 2022

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Jembatan penghubung Desa Sidomulyo, Kecamatan Pule, Trenggalek, sudah tercatat dua kali rusak dihantam derasnya banjir dari aliran sungai. Pada tahun 2019, Jembatan Pule Trenggalek putus, lalu ditangani dengan mendirikan jembatan darurat pada tahun 2021, Senin (03/01/2022).

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, bersama pihaknya melakukan peninjauan terhadap Jembatan Sidomulyo yang rusak. Arifin mengatakan Pemerintah Kabupaten Trenggalek segera membangun jembatan darurat yang hanya bisa dilintasi sepeda motor.

advertisement

“Sebenarnya untuk pembangunan permanennya dana dari pusat sudah ada. Tinggal mekanisme administrasinya saja dipercepat. Sembari itu, nanti dari PU [Dinas PUPR] kita perkuat untuk dasar jembatannya. Karena sebenarnya jembatan daruratnya masih bisa didirikan lagi,” jelas lelaki yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Baca juga: Banjir di Trenggalek Akibatkan Jembatan Penghubung ke Ponorogo Ambrol

Mas Ipin juga menyiapkan teknis pembangunan jembatan darurat itu seperti menata bronjong (penahan air) di sekitar jembatan, sehingga bisa digunakan sebagai jembatan darurat.

advertisement

“Adanya jembatan darurat ini sebagai sarana aktivitas masyarakat agar tetap berjalan, untuk bulan ini [Januari], target dikerjakan untuk jembatan darurat,” jelas Mas Ipin.

Menurut penjelasan Mas Ipin, anggaran pembangunan jembatan darurat berasal dari dana pusat yang sudah masuk ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Trenggalek. Total rehabilitasi dan rekonstruksinya sebesar Rp. 19 miliar. Sedangkan untuk jembatannya sendiri sebesar Rp. 2,75 miliar.

Baca juga: Lima Rumah dan Jalan Penghubung di Kecamatan Pule Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

Jembatan Sidomulyo dilewati oleh aliran Sungai Klebet dari Desa Puyung, Kecamatan Pule, melewati Desa Sidomulyo, mengarah ke Kecamatan Panggul. Sedangkan Jembatan Sidomulyo merupakan jalur vital warga sekitar yang menghubungkan warga Pule dan Kabupaten Ponorogo ke Kecamatan Panggul atau sebaliknya.

advertisement

Joko Rusianto, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Trenggalek, mengatakan tahun 2021 kemarin, bencana jembatan rusak di Desa Sidomulyo, sudah ditangani dengan jembatan darurat.

“Jadi sudah ditangani dan tahun ini seharusnya bisa dibangun. Namun gambarnya harus direvisi kembali melihat situasinya sekarang [jembatan rusak lagi],” terang Joko.

advertisement

Berita Baru

Tanah Longsor Hampir Menimpa Rumah Warga di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tanah longsor kembali terjadi di Trenggalek. Tepatnya, tanah longsor itu di...

Adu Kesaktian Bawaslu Lawan KPU Trenggalek, 2 Tuntutan Dikabulkan 

Kabar Trenggalek - Adu kesaktian antara lembaga penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di Trenggalek mencapai...

Gerakkan Roda Ekonomi, Novita Hardini Ajak Perempuan Trenggalek Jualan Sabun Momie

Kabar Trenggalek - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, mengadakan kegiatan Workshop...

Viral Hari ini

Spoiler One Piece 1059: Pertempuran Besar di Pulau Amazon Lily

Kabar Trenggalek - Setelah di One Piece chapter yang lalu kita disuguhi dengan bounty...

Berita Terkait