TRENDING

Sesat Sejarah, Tulisan Candi Brawijaya Trenggalek Kini Jadi Taman Brawijaya

Terbit:

Kabar Trenggalek Papan nama bertulisan Candi Brawijaya di Kelurahan Ngantru, Kecamatan Trenggalek, saat ini berubah menjadi Taman Brawijaya. Sebelum papan nama tersebut diganti, penamaan Candi Brawijaya Trenggalek mendapat kritikan sesat sejarah oleh para pegiat sejarah, Selasa (21/12/2021).

Papan nama bertulisan Candi Brawijaya itu menjadi penamaan bangunan replika candi pada sebuah taman di Jalan Soekarno-Hatta Trenggalek. Kehadiran taman tersebut memiliki sejarah yang panjang. Taman itu dibangun pada masa pemerintahan Bupati Trenggalek, Brigjen Soetran (1968-1975).

advertisement

Harmaji, Penggiat Sejarah Trenggalek (Pesat), menanggapi penggantian papan nama Candi Brawijaya menjadi Taman Brawijaya. Menurut Harmaji, penggantian itu sebagai upaya menepis sesat sejarah yang ada di Trenggalek.

Alhamdulilah kalau sudah diganti. Dulu [2018] sudah pernah teman-teman ingatkan. Artinya semua sudah sadar, memiliki rasa khawatir jika terjadi sesat tentang benda sejarah melalui tulisan candi itu,” terang Harmaji saat dikonfirmasi.

Baca juga: Prasasti Kamulan Balik ke Pangkuan Bumi Menak Sopal Trenggalek

Namun, Harmaji sangat menyayangkan kelambatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek dalam merespons dan mengganti tulisan yang bisa menyebabkan sesat sejarah tersebut.

“Sudah bertahun-tahun dipasang namun baru saja diganti. Coba sekarang cek konten di media sosial, bahwa semua mengamini kalau itu Candi Brawijaya,” tegasnya.

Harmaji menegaskan bahwa bangunan itu bukan candi, tapi replika candi. Setelah diganti namanya, Pemkab Trenggalek harus berpikir bagaimana taman itu bisa berjalan untuk edukasi kepada masyarakat.

“Kebermanfaatan taman tersebut sebagai taman pembelajaran (edukasi) yang tematik bernuansakan sejarah Indonesia lama atau periodisasi sejarah, harus mulai dipikirkan sedari sekarang,” tegas Harmaji.

advertisement

TERBARU

Otak Atik Tekan Inflasi di Trenggalek, Pasar Murah dan Bansos Jadi Andalan

Kabar Trenggalek - Pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus berpikir...

Pohon Tumbang Trenggalek, Jalan Kecamatan Bendungan Tertutup

Kabar Trenggalek - Kabupaten Trenggalek akhir-akhir ini sering terjadi bencana. Seperti angin kencang yang...

Pendidikan Trenggalek 2022: Mayoritas Masyarakat Lulusan SD

Kabar Trenggalek - Trenggalek yang terkenal dengan Kota Alen-Alen ini masih menyisakan perihal tingkatan...

TOPIK TERKAIT