TRENDING

Bupati Trenggalek Sanggah Anggapan Mblenjani Janji Warga Bendungan

Terbit:

Kabar Trenggalek Usai didemo warga terdampak Bendungan Bagong, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, memberi tanggapan. Arifin membeberkan upaya yang saat ini masih dalam proses untuk memperjuangkan masyarakat terdampak Proyek Strategis Nasional (PSN) itu, Rabu (01/12/2021).

Saat dikonfirmasi, Arifin mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan adalah ia tidak ingin warga terdampak Bendungan Bagong jauh dari wilayah bendungan.

advertisement

“Warga terdampak, saya upayakan tidak jauh tinggal dari lokasi PSN. Biar nantinya kalau bendungan rame, warga juga menerima manfaatnya,” jelas Arifin.

Baca juga: Jokowi Berkunjung ke Trenggalek, Warga Kampak Suarakan Tolak Tambang Emas

Menurut Arifin, awalnya disepakati alih fungsi lahan hutan untuk pemukiman dengan skema lahan pengganti dengan diupayakan secara serius untuk pelepasan kawasan hutan.

“Kita akan ekspose dulu dengan kementerian. Saat ini kementerian sudah membentuk tim atas usulan kita. Bahwasannya komitmen pemerintah kepada masyarakat yang sudah merelakan tanahnya untuk menjadi proyek strategis nasional untuk pembangunan yang ada di Bagong,” ucap Arifin.

“Salah satu skemanya adalah kita memohon kawasan hutan untuk bisa menjadi tempat pemukiman baru bagi masyarakat. Skema awal adalah tukar menukar kawasan hutan. Jadi masyarakat punya kewajiban untuk mengganti lahan, namun kami tidak mau dengan skema tukar menukar,” jelasnya.

Baca juga: Bupati Trenggalek Dianggap Mblenjani Janji, Warga Terdampak Bendungan Bagong Gelar Aksi

“Ini satu upaya yang kita upayakan, semoga kementerian nanti menyepakati dan masyarakat senang sudah menerima ganti rugi, kemudian nanti dapat lahan pemukiman kembali,” tambahnya.

advertisement

Sedangkan beberapa hal seperti master plan, instalasi dan lain sebagainya nanti diupayakan bersama antara Pemerintah Kabupaten Trenggalek bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Saya sampaikan bahwa kami mengupayakan yang terbaik untuk masyarakat,” tandas Arifin.

advertisement

TERBARU

Hujan Sehari di Trenggalek, Jalan Tutup Total dan Rumah Rusak Dihantam Tanah Longsor

Kabar Trenggalek - Kabupaten Trenggalek terus dilanda berbagai peristiwa bencana alam. Salah satunya tanah...

Siap-Siap, Ini Jadwal Pemadaman Listrik Trenggalek Besok di 11 Desa

Kabar Trenggalek - Perusahaan Listrik Negara (PLN), Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Trenggalek akan...

Otak Atik Tekan Inflasi di Trenggalek, Pasar Murah dan Bansos Jadi Andalan

Kabar Trenggalek - Pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus berpikir...

TOPIK TERKAIT