Berita Terkait

Atap Kandang Milik Warga Kecamatan Tugu Trenggalek Tertimpa Pohon Beringin

Kabar Trenggalek Angin kencang di Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek mengakibatkan atap kandang sapi milik warga dan kamar mandi rusak, Rabu (22/12/2021).

Pada Selasa (21/12/2021), terjadi angin kencang di wilayah RT. 20 RW. 08 Desa Pucanganak, Kecamatan Tugu, pada pukul 12.30 WIB.

- Advertisement -

Kejadian angin kencang itu mengakibatkan pohon beringin dan apak tumbang lalu menimpa kamar mandi serta kandang sapi milik Sujito.

Dilansir dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Dareah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, kerugian ditafsirkan mencapai Rp. 2 juta, karena pohon mengenai material atap kandang dan kamar mandi.

Tri Puspitasari, Sekretaris BPBD Trenggalek, mengatakan kejadian tersebut disebabkan cuaca buruk di wilayah Trenggalek.

- Advertisement -

Baca juga: BMKG Ingatkan Masyarakat Ada Potensi Gempa Besar di Selatan Jawa Timur

“Karena sudah memasuki cuaca hujan, potensi apapun yang bisa terjadi wajib kita waspadai, misalnya di seputaran rumah ada pohon rawan tumbang yang harus segera dipotong,” terang Tri.

Pihaknya juga tetap menghimbau bagi masyarakat untuk tetap waspada dalam keadaan cuaca apapun baik hujan disertai angin kencang, atau hujan deras ber jam-jam.

“Dalam kejadian pohon tumbang itu, Tim Reaksi Cepat (TRC) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) langsung melakukan pembersihan gotong-royong dengan masyarakat dan pihak terkait,” ujarnya.

Pohon beringin yang tumbang di Kecamatan Tugu, Trenggalek
Pohon beringin yang tumbang di Kecamatan Tugu, Trenggalek/Foto: BPBD Trenggalek

Baca juga: Anak Kiai di Jombang Ingin Status Tersangka Pelaku Kekerasan Seksual Dicabut, Hakim Menolak

Berbagai bencana yang terjadi di Kabupaten Trenggalek sudah diperingatkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur. Informasi itu disampaikan BMKG Jawa Timur melalui unggahan instagram @infobmkgjuanda.

BMKG Jawa Timur melaporkan, dalam Peringatan Dini Cuaca Jawa Timur tanggal 21 Desember 2021, Kabupaten Trenggalek masuk dalam potensi banjir level waspada. Kabupaten Trenggalek masuk potensi banjir level waspada pada siang sampai sore hari.

Menurut peringatan BMKG Jawa Timur, pada 22 Desember 2021, Kabupaten Trenggalek masih masuk kategori banjir level waspada pada malam hari. Sedangkan pada 23 Desember 2021, Kabupaten Trenggalek masuk kategori banjir level waspada pada siang-sore hari. Masyarakat Trenggalek juga dihimbau waspada dengan curah hujan sedang-tinggi disertai petir dan angin kencang.

- Advertisement -

Berita Baru

sponsor