TRENDING

Pemerintah Siapkan Strategi Supaya Masyarakat Bisa Hidup Bersama Covid-19 Tahun 2022

Terbit:

Kabar Trenggalek Pandemi Covid-19 tidak kunjung hilang dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Menyadari hal ini, pemerintah Indonesia menyiapkan berbagai strategi supaya masyarakat bisa hidup bersama Covid-19 pada tahun 2022, Kamis (25/11/2021).

Hal itu disampaikan oleh Raden Pardede, Sekretaris Eksekutif I Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dalam Konferensi Virtual Indonesia Economic Forum di Jakarta, Selasa 23 November 2021.

advertisement

Raden mengatakan, saat ini belum ada upaya yang bisa membuat kasus Covid-19 menjadi nol. Oleh karena itu, ia memandang bahwa masyarakat harus hidup bersama Covid-19 di tahun 2022.

Baca juga: Alam Terancam Rusak, Inilah Daftar Desa di Trenggalek yang Masuk Konsesi Tambang Emas PT SMN

“Saat ini belum ada yang bisa membuat kasus Covid-19 menjadi nol. Sehingga, mau tidak mau, kita harus hidup bersama dengan Covid-19,” ujar Raden.

Dengan demikian, istilah pandemi Covid-19 di tahun 2022 akan menjadi endemi Covid-19. Covid-19 disebut sebagai pandemi karena menyebar di wilayah yang luas di beberapa benua, bahkan di seluruh dunia.

Sedangkan Covid-19 menjadi endemi ketika Covid-19 terus-menerus bertahan pada tingkat dasar di wilayah geografis tertentu, maupun di seluruh dunia.

Baca juga: Jelang Jokowi Resmikan Bendungan Tugu Trenggalek, 900 Personil Disiapkan

Raden menyebutkan, pemerintah mempunyai empat strategi supaya masyarakat bisa hidup bersama Covid-19 pada tahun 2022. Empat strategi itu adalah:

advertisement

1. Vaksinasi Covid-19 untuk Kelompok Rentan

Vaksinasi Covid-19 untuk kelompok rentan menjadi penting karena mereka adalah kelompok yang memiliki imunitas yang lemah disbanding kelompok lainnya. Beberapa kelompok rentan itu adalah kelompok lanjut usia, dan kelompok rentan lain yang berpengaruh pada tingkat kematian. Oleh karena itu, Vaksinasi untuk kelompok rentan akan semakin ditingkatkan pada tahun 2022.

2. Vaksinasi untuk Herd Immunity

 Vaksinasi Covid-19 tahun 2022 akan disasar untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity yang lebih tinggi lagi. Pemerintah menargetkan pada tahun 2022, sekitar 70% masyarakat di Indonesia sudah vaksin dosis pertama. Kemudian, 60% masyarakat Indonesia sudah vaksin dua dosis penuh.

Baca juga: Belajar Menjaga Lingkungan dari Wisata Tebing Lingga Trenggalek

3. Memastikan Ketersediaan Vaksin dan Obat-Obatan

Tidak hanya dengan vaksinasi Covid-19 saja, tapi pemerintah juga berupaya memastikan ketersediaan obat-obatan untuk pasien Covid-19. Strategi pemerintah yaitu dengan memfasilitasi riset dan pengembangan dalam negeri serta industry farmasi dalam memproduksi vaksin dan obat-obatan terkait Covid-19.

4. Meningkatkan Kapasitas Fasilitas dan Tenaga Kesehatan

Selain vakasinasi dan obat-obatan Covid-19, peran penting lain yang perlu ditingkatkan adalah fasilitas pelayanan serta kapasitas tenaga kesehatan untuk merawat pasien Covid-19. Belajar dari pengalaman di tahun 2021, banyak fasilitas kesehatan yang penuh, selain itu banyak juga tenaga kesehatan yang gugur di barisan perjuangan untuk melawan Covid-19.

Pemerintah akan berupaya menjalankan strategi di tahun 2022 supaya tidak ada lonjakan kasus Covid-19 lagi di masa peralihan pandemi ke endemi. Oleh karena itu, disiplin protocol kesehatan juga penting untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19.

“Jadi, ini strateginya. Dan kami harap, tahun depan [2022], hidup kita sudah bisa dinormalisasi dengan Covid-19,” terang Raden.

advertisement

TERBARU

SIM Bentuknya Kartu tapi Disebut Surat, KK Bentuknya Surat tapi Disebut Kartu, Kenapa Bisa Gitu?

Kabar Trenggalek - Bukan karena kurang kerjaan, tetapi bagi kita sebagai masyarakat yang teliti,...

Pemilu 2024, PKS dan NasDem Pasang Badan Soal Dapil Trenggalek Berubah

Kabar Trenggalek - Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah mendapat perhatian dari partai...

7 Bunga yang Mengeluarkan Aroma Harum saat Malam Hari, Salah Satunya Sering Dijumpai di Pemakaman

Kabar Trenggalek - Untuk menghiasi rumah, kebanyakan orang akan menanam tumbuhan. Entah di depan...

TOPIK TERKAIT