TRENDING

Menteri BUMN Akhirnya Gratiskan Fasilitas Toilet SPBU di Indonesia

Terbit:

Kabar Trenggalek – Menteri BUMN Erick Thohir wajibkan semua fasilitas umum milik BUMN bisa digunakan masyarakat secara gratis.

Ketentuan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor SE-16/MBUT11/2021 tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial BUMN yang diterbitkan pada 24 November 2021.

advertisement

Penerbitan Surat Edaran ini menjadi tindak lanjut setelah Erick melarang pengenaan tarif bagi pengguna toilet di kawasan SPBU PT Pertamina (Persero).

Erick menjelaskan bahwa pemberian layanan BUMN yang didalamnya terdapat fasilitas umum dan fasilitas sosial agar senantiasa dilakukan perawatan, pemeliharaan dan pengelolaan yang memadai sehingga memberikan dampak optimal dan tidak membebani masyarakat yang menggunakannya.

“Tidak dipungut biaya bagi masyarakat pengguna,” tulis SE dikutip, Sabtu (27/11/2021).

Baca Juga : Menteri Minta Toliet SPBU Gratis, Netizen Banjiri Komentar Postingan Erick Thohir

Erick juga meminta fasilitas umum dan fasilitas sosial harus memadai dan terawat dengan baik agar menjadi bagian dari standar kualitas layanan yang dilakukan BUMN.

Kementerian BUMN menegaskan, fasilitas umum dan fasilitas sosial menjadi sarana dan prasarana, perlengkapan atau alat-alat yang dapat digunakan untuk kepentingan bersama dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Sebagai pelaksanaan tugas dan fungsi, BUMN memberikan pelayanan yang di dalamnya terdapat fasilitas umum dan fasilitas sosial.

advertisement

Selain itu, BUMN dituntut meningkatkan mutu pelayanan salah satunya melalui perawatan, pemeliharaan dan pengelolaan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang memadai agar memberikan dampak yang optimal bagi masyarakat yang menggunakannya.

Baca Juga : Inilah Kekayaan Puan Maharani, Ketua DPR yang Pernah Matikan Mikrofon saat Rapat

Sebelumnya, Erick menemukan toilet di salah satu SPBU Pertamina Kecamatan Malasan, Kabupaten Probolinggo yang mematok Rp 2.000-Rp 4.000 untuk bisa menggunakan toilet.

Untuk itu, Erick Thohir meminta SPBU Pertamina menggratiskan fasilitas umum yang ada di tempat tersebut.

“Kepada Direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis, karena kan sudah ada dapat dari jualan bensin, ada juga toko kelontong. Jadi masyarakat mustinya dapat fasilitas tambahan. Saya minta Direksi Pertamina untuk diperbaiki,” kata Erick.

Hal itu juga ditegaskan untuk mereka yang bermitra dengan Pertamina.

“Saya juga minta kerja samanya kepada seluruh POM swasta yang di bawah Pertamina, toiletnya nggak boleh bayar. Harus gratis,” tegas Erick

advertisement

TERBARU

Pacu Tumbuhnya Inovasi, Pemkab Trenggalek Pamer Pelayanan Publik ke 4

Kemudian, inovasi ini tentunya menjadi budaya tersendiri atau setelah menjadi program rutin bisa dibuat...

Meski Sudah Resmi, GOR Gajah Putih Trenggalek Butuh Suntikan Dana 

Kabar Trenggalek - Gelanggang Olahraga (GOR) Gajah Putih Trenggalek sudah resmi dibuka. Namun, ada...

Adu Banteng Supra Lawan Vario di Trenggalek, Pengendara Terpental 20 Meter

Kabar Trenggalek - Peristiwa kecelakaan terjadi di Dosari, Kelurahan Surodakan, Kabupaten Trenggalek. Kecelakaan itu...

TOPIK TERKAIT