BerandaNewsPolitikInilah Kekayaan Puan Maharani, Ketua DPR yang Pernah Matikan Mikrofon saat Rapat

Inilah Kekayaan Puan Maharani, Ketua DPR yang Pernah Matikan Mikrofon saat Rapat

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Puan Maharani, sosok menohok perempuan yang berkarir di politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Kekayaan Puan Maharani juga menjadi faktor penopang karier politiknya.

Tercatat pada pemilu 2019, Puan mengantongi suara terbesar di Indonesia, sehingga mengantarkannya duduk di kursi Ketua DPR, Minggu (14/11/2021).

advertisement

Puan Maharani, perempuan kelahiran 6 September 1973, menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang kontorversial.

Kontroversi dari mulai mematikan mikofon saat rapat paripurna hingga baliho besar saat pandemi Covid-19, dengan tagline “Kepak Sayap Kebhinekaan”.

Baca juga: Jadi Koruptor, Inilah Kepala Daerah Korup Sepanjang Tahun 2021

advertisement

Profil Puan sendiri bisa dibilang sangat lekat dengan PDI-P. Wanita bernama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, ini lahir dari darah keluarga politikus.

Ayahnya adalah Ketua MPR, sedangkan kakek dan ibunya merupakan mantan Presiden RI. Trah Soekarno menjadikan karir dunia politik Puan diyakini bakal moncer di partai banteng, sejak muda.

Karier politiknya dirintis dengan menjadi anggota KNPI, lalu menjadi kader PDI-P. Hingga kemudian melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014. Dia dilantik menjadi anggota dewan di usia 36 tahun.

Baca juga: Keluar Banyak Uang saat Pilkades, Berikut Besar Gaji Kepala Desa Terbaru

advertisement

Kariernya sebagai politikus mulai menanjak sejak menjadi Ketua Fraksi PDIP di DPR menggantikan seniorya Tjahjo Kumolo. Pada dua pemilu berikutnya, Puan Maharani terpilih kembali menjadi anggota DPR.

Kini, Puan Maharani didapuk sebagai Ketua DPR periode 2019-2024 atau jadi ketua parlemen perempuan pertama sepanjang sejarah Indonesia.

Berikut Harta Kekayaan Puan Maharani:

Puan, terakhir kali melaporkan jumlah kepemilikan harta kekayaannya pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 31 Desember 2020.

Total kekayaan Puan Maharani adalah sebesar Rp. 382,41 miliar atau tepatnya Rp. 382.409.147.741.

Kekayaan Puan mengalami kenaikan cukup tajam dibandingkan pada laporan LHKPN Desember 2019, di mana saat itu ia melaporkan total kekayaan sebesar Rp. 364,49 miliar.

Saat ini, harta kekayaan Puan, yang nilainya cukup dominan berasal dari kepemilikan tanah dan bangunan sebesar mencapai Rp. 149,34 miliar. Aset propertinya tersebar di berbagai daerah.

Baca juga: Cara Daftar Bantuan Sosial Anak Sekolah di Internet, Resmi Cair 4,4 Juta

Sebagai juragan tanah, Puan tercatat memiliki 75 bidang tanah dan bangunan. Untuk aset berupa kendaraan Puan, antara lain VW Beetle Sedan senilai Rp. 200 juta, Toyota Land Cruiser Jeep seharga Rp. 400 juta, Daihatsu Taruna Rp. 130 juta, dan 3 mobil Mercedez Benz senilai masing-masing Rp. 150 juta.

Di dalam garasi rumahnya, ia menyimpan dua motor Harley-Davidson tahun 2002 senilai Rp. 80 juta dan Rp. 85 juta. Aset lainnya yang dilaporkan Puan Maharani adalah surat berharga senilai Rp. 222,99 miliar, kas dan setara kas Rp. 56,63 juta, serta harta bergerak lain senilai Rp. 5 miliar.

Dalam laporan LHKPN, Puan Maharani juga melaporkan kepemilikan utang sebesar Rp 53,08 miliar. Sehingga, total kekayaan bersihnya setelah dikurangi utang yakni sebesar Rp 382,4 miliar.

Demikian kekayaan pemegang palu sidang paripurna DPR, Puan Maharani, yang dikabarkan akan menduduki kursi Presiden 2024.

advertisement

Berita Baru

Ngambek! Rekomendasi Tak Digubris, Bawaslu Gugat KPU Trenggalek 

Kabar Trenggalek - Kemelut tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di kota alen alen Trenggalek...

Rukun Tani Sumberejo Pakel Menanam Bersama di Area Lindung Lahan Reklaiming

Rukun Tani Sumberejo Pakel bersama jaringan seperti WALHI Jawa Timur, LBH Surabaya dan jaringan...

Ngebut Benjut, Motor Lewat Jalan Tikus Seruduk Pikap di Trenggalek 

Kabar Trenggalek - Peristiwa nahas terjadi di Trenggalek, sebuah kecelakaan lalu lintas menimpa warga...

Viral Hari ini

Fakta Film Horor Pocong Mumun: Satu Aktor Berperan Tiga Karakter

Kabar Trenggalek - Film horor Mumun tayang di bioskop mulai Kamis (01/09/2022). Film horor...

Berita Terkait