BerandaNewsLingkunganAkibat Hujan Deras, Tanah Longsor Menjebol Rumah Warga di Kecamatan Kampak

Akibat Hujan Deras, Tanah Longsor Menjebol Rumah Warga di Kecamatan Kampak

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Curah hujan yang deras terjadi di Kabupaten Trenggalek pada Selasa, 2 November 2021. Akibatnya, tembok kamar salah satu rumah warga di Kecamatan Kampak dijebol tanah longsor, Kamis (04/11/2021).

Tanah longsor yang menjebol tembok kamar rumah warga Kampak itu berasal dari dari tebing setinggi lima meter. Tanah di tebing setinggi lima meter itu longsor setelah diguyur hujan deras selama kurang lebih empat jam, mulai dari jam 16.00 sampai 20.00 WIB.

advertisement

Tepatnya, rumah yang terkena tanah longsor itu milik Bakar, warga Desa Karangrejo, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek. Timbunan tanah longsor yang bercampur bebatuan itu menjebol tembok kamar milik Bakar hingga dua meter ke dalam kamar.

Bencana tanah longsor oleh curah hujan yang deras di Desa Karangrejo itu tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka.

Baca juga: Daftar Sumber Mata Air di Kecamatan Kampak yang Terancam Hilang oleh Tambang Emas

advertisement

Berkaitan dengan hal ini, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trengggalek, Tri Puspitasari, memberi penjelasan. Tri menjelaskan, BPBD Trenggalek sudah melakukan proses evakuasi tanah longsor dengan gotong-royong bersama warga Desa Karangrejo.

“Kemarin Rabu (03/11/2021), pihak masyarakat dibantu dari TNI [Tentara Nasional Indonesia] dan Polri [Kepolisian Rebpublik Indonesia] membersihkan material tanah longsor di rumah korban longsor,” terang.

Tri mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana hidrometeorologi (perpindahan air melalui tanah). Sebab, kata Tri, saat ini intensitas curah hujan di Kabupaten Trenggalek cukup tinggi.

Kondisi curah hujan tinggi tersebut beberapa kali telah mengakibatkan bencana alam di Trenggalek beberapa bulan terakhir. Salah satunya, tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Pule, Senin (1/11/2021) siang. Tanah longsor tersebut menimpa salah satu rumah warga di Kecamatan Pule.

advertisement

“Kami himbau, masyarakat tetap hati-hati dalam menghadapi musim hujan, yang mana Trenggalek memiliki titik potensi tanah longsor,” ujar Tri.

advertisement

Berita Baru

Ngambek! Rekomendasi Tak Digubris, Bawaslu Gugat KPU Trenggalek 

Kabar Trenggalek - Kemelut tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di kota alen alen Trenggalek...

Rukun Tani Sumberejo Pakel Menanam Bersama di Area Lindung Lahan Reklaiming

Rukun Tani Sumberejo Pakel bersama jaringan seperti WALHI Jawa Timur, LBH Surabaya dan jaringan...

Ngebut Benjut, Motor Lewat Jalan Tikus Seruduk Pikap di Trenggalek 

Kabar Trenggalek - Peristiwa nahas terjadi di Trenggalek, sebuah kecelakaan lalu lintas menimpa warga...

Viral Hari ini

Fakta Film Horor Pocong Mumun: Satu Aktor Berperan Tiga Karakter

Kabar Trenggalek - Film horor Mumun tayang di bioskop mulai Kamis (01/09/2022). Film horor...

Berita Terkait