BerandaNewsLingkunganSering Banjir, Karang Taruna dan Ansor Desa Ngadirenggo Mengadakan Pelatihan Penanggulangan Bencana

Sering Banjir, Karang Taruna dan Ansor Desa Ngadirenggo Mengadakan Pelatihan Penanggulangan Bencana

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Karang Taruna Gramang bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ranting Ngadirenggo, mengadakan Pelatihan Penanggulangan Bencana kepada warga Desa Ngadirenggo, Kecamatan Pogalan, Trenggalek. Pelatihan itu dilaksanakan di Balai Desa Ngadirenggo pada hari Minggu, (17/10/2021).

Pelatihan itu diberikan kepada warga Desa Ngadirenggo sebagai bentuk antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Mengingat Desa Ngadirenggo merupakan daerah rawan bencana, khususnya banjir.

advertisement

Tema yang diusung dalam Pelatihan Penanggulangan Bencana itu adalah “Membangun Kesadaran, Kewaspadaan, dan Kesiap Siagaan Menghadapi Bencana yang Menghadang”.

Acara Pelatihan Penanggulangan Bencana tersebut dibuka oleh Mulyanto, Kepala Desa (Kades) Ngadirenggo. Pelatihan itu juga dihadiri oleh Tiga Pilar Desa Ngadirenggo, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Pogalan.

Baca juga: Cuaca Terasa Panas, Ternyata Trenggalek Masuk Fenomena Kulminasi

advertisement

Selain anggota GP Ansor Ranting Ngadirenggo dan Karang Taruna Gramang, beberapa elemen masyarakat juga terlibat dalam acara ini. Seperti perwakilan Perguruan Pencak Silat Desa Ngadirenggo, perwakilan ranting se-Kecamatan Pogalan dan Tim Siaga Desa Suruh.

Pemateri dalam Pelatihan Penanggulangan Bencana itu adalah Sutrisno dari Komunitas Pecinta Alam Pemerhati Lingkungan (Kappala Indonesia).

Simulasi Pelatihan Penanggulangan Bencana di Desa Ngadirenggo, Minggu, (17 Oktober 2021)
Simulasi Pelatihan Penanggulangan Bencana di Desa Ngadirenggo, Minggu, (17 Oktober 2021)/Foto: Dokumen Karang Taruna Gramang Desa Ngadirenggo

Sutrisno menyampaikan pentingnya peran pemuda sebagai dalam menanggulangi dan mengantisipasi terjadinya bencana alam di sekitarnya.

Budi Utomo, Ketua Karang Taruna Gramang, Desa Ngadirenggo, berharap pelatihan ini mampu memberikan manfaat serta bisa dijadikan bekal untuk menghadapi bencana.

advertisement

Baca juga: Cuaca Tidak Menentu, Nelayan Trenggalek Harus Menyiapkan Bekal Keselamatan Diri

Budi menyampaikan, bekal dalam menghadapi bencana itu penting, menginggat warga Desa Ngadirenggo tinggal di kawasan rawan bencana.

“Untuk mengantisipasi terjadinya bencana, diperlukan kesiapan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah dalam menghadapi berbagai kemungkinan dampak bencana” terang Budi.

advertisement

Berita Baru

Rukun Tani Sumberejo Pakel Menanam Bersama di Area Lindung Lahan Reklaiming

Rukun Tani Sumberejo Pakel bersama jaringan seperti WALHI Jawa Timur, LBH Surabaya dan jaringan...

Ngebut Benjut, Motor Lewat Jalan Tikus Seruduk Pikap di Trenggalek 

Kabar Trenggalek - Peristiwa nahas terjadi di Trenggalek, sebuah kecelakaan lalu lintas menimpa warga...

Rumput Pakchong, Rumput Pakan Berkualitas yang Lagi Ngetrend

Kabar Trenggalek - Bagi teman-teman peternak, keberadaan rumput pakan ini bukanlah sesuatu yang asing...

Viral Hari ini

Fadil Jaidi Julitin Pak Muh Pakai Ugly Cake Prank: Saya Pilih yang Kaya Jerapah

Kabar Trenggalek - Demam Ugly Cake Prank sudah memasuki dunia artis. Kini giliran Fadil...

Berita Terkait