BerandaNewsKesehatanMulai Hari Ini Tarif Tes PCR Trenggalek Turun Menjadi Rp 300 Ribu

Mulai Hari Ini Tarif Tes PCR Trenggalek Turun Menjadi Rp 300 Ribu

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Tarif tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di Kabupaten Trenggalek mulai hari ini turun menjadi Rp 300 ribu. Tarif tes PCR ini berlaku di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soedomo, Trenggalek, Rabu (27/10/2021).

Turunya tarif PCR tersebut sesuai dengan arahan dan permintaan Presiden Jokowi, yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. Humas RSUD Dr. Soedmo Trenggalek, Sujiono mengatakan bahwa sebelumnya harga PCR tersebut Rp 350 ribu.

advertisement

Tarif pemberlakuan penurunan PCR rumah sakit pemerintah daerah tersebut diperuntukan seluruh kalangan. Artinya Warga ber-Kartu Tanda Penduduk (KTP) Trenggalek dan luar Trenggalek dipatok tarif harga yang sama.

“Selain itu kami ingin memberikan akses bagi masyarakat Trenggalek, karena permintaan PCR secara mandiri di Trenggalek sangat tinggi,” terang Sujiono.

Baca juga: Pakai Anggaran Hutang, Rumah Sakit Covid-19 Trenggalek Mulai Dibangun

advertisement

Sujiono mengatakan, dalam sehari, lebih dari 50 orang mendaftarkan diri untuk tes PCR secara mandiri di RSUD Dr. Soedomo. Mayoritas dari mereka adalah warga Kabupaten Trenggalek yang akan berpergian ke luar kota dan bekerja.

“Tes PCR untuk pelacakan kasus saat ini memang sudah menurun seiring kasus Covid-19 yang juga melandai. Sehingga mayoritas tes PCR adalah untuk masyarakat yang ingin tes secara mandiri,” jelas Sujiono.

Masyarakat yang ingin melakukan tes PCR mandiri di RSUD Dr. Soedomo perlu melakukan beberapa langkah. Pertama, pasien harus datang ke loket PCR dengan melampirkan fotokopi TKP dua lembar plus menuliskan nomor telepon genggam.

Baca juga: Diduga Hubungan Keluarga Kurang Harmonis, Pasangan Suami Istri di Trenggalek Merobohkan Rumahnya

advertisement

Setelah itu, pasien bisa membayar biaya pelayanan Rp 300 ribu. Selanjutnya, kuitansi hasil pembayaran dan fotokopi KTP harus dibawa ke gedung swab dan PCR. Setelah itu, pasien akan dihubungi saat hasil tes PCR keluar dan mereka bisa mengambilnya di gedung yang sama.

jadwal pelayanan tes PCR mulai Senin-Sabtu. Untuk Senin-Kamis, jam pelayanan mulai pukul 09.00 WIB hingga 10.00 WIB. Sementara Jumat-Sabtu, layanan berlaku mulai 08.00 WIB hingga 09.00 WIB.

advertisement

Berita Baru

Ngambek! Rekomendasi Tak Digubris, Bawaslu Gugat KPU Trenggalek 

Kabar Trenggalek - Kemelut tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di kota alen alen Trenggalek...

Rukun Tani Sumberejo Pakel Menanam Bersama di Area Lindung Lahan Reklaiming

Rukun Tani Sumberejo Pakel bersama jaringan seperti WALHI Jawa Timur, LBH Surabaya dan jaringan...

Ngebut Benjut, Motor Lewat Jalan Tikus Seruduk Pikap di Trenggalek 

Kabar Trenggalek - Peristiwa nahas terjadi di Trenggalek, sebuah kecelakaan lalu lintas menimpa warga...

Viral Hari ini

Jadwal Pemadaman Listrik Trenggalek Besok, 25 September 2022

Kabar Trenggalek - Perusahaan Listrik Negara (PLN), Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Trenggalek akan...

Berita Terkait