BerandaNewsMasuk Destinasi Wisata Trenggalek, Wisatawan Bakal Dihadang Scan Barcode Peduli Lindungi

Masuk Destinasi Wisata Trenggalek, Wisatawan Bakal Dihadang Scan Barcode Peduli Lindungi

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Setelah anjloknya Pendapatan Asli Derah (PAD) sektor Pariwisata, Kabupaten Trenggalek, kini mulai panasi mesin untuk persiapan pembukaan wisata. Persiapan pembukaan wisata Trenggalek ini nantinya untuk mencapai target PAD, Jumat (29/10/2021).

Selain nantinya dihadang restribusi karcis, wisatawan yang masuk destinasi wisata Bumi Minak Sopal akan dihadang dengan barcode aplikasi peduli lindungi. Mengenai hal ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek, Sunyoto, menjelaskan penggunaan scan barcode peduli lindungi saat ini masih dalam tahap uji coba.

advertisement

Beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Trenggalek sudah menjadi uji coba penggunaan scan barcode peduli lindungi. Setelah uji coba selesai, penggunaan scan barcode peduli lindungi akan dipasang di seluruh destinasi wisata di Trenggalek.

Data per 29 Oktober 2021 yang dihimpun dari Disparbud Trenggalek, menyebutkan sebanyak sembilan hotel telah memasang scan barcode peduli lindungi tersebut. Sementara untuk tempat makan, jumlahnya enam.

Baca juga: Keindahan Wisata Pantai Kebo Trenggalek, Rekomendasi Liburan Saat Covid-19 Mereda

advertisement

“Pemasangan scan barcode untuk wisatawan tidak lain sebagai tracing [penelusuran], dan kita akan mengetahui kondisi wisatawan dan sudah melakukan vaksinasi apa belum,” terangnya saat ditemui di Kantor Disparbud Trenggalek.

Sunyoto mengatakan, penghadangan wisatawan dengan scan barcode peduli lindungi tidak lain untuk mengetahui status wisatawan dan sebagai menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Dengan demikian, antisipasi penyebaran virus Covid-19 untuk wisatawan bisa diminimalisir dengan menggunakan aplikasi peduli lindungi,” jelas Sunyoto.

Baca juga: Lelaki Asal Trenggalek Menerbangkan Layang-Layang Berbentuk Truk

advertisement

Uji coba penggunaan scan barcode aplikasi peduli lindungi untuk mengurangi kebingungan bagi pengelola wisata dan wisatawan yang masuk di Trenggalek.

“Untuk sebagai sosialisasi saja dalam tahab uji coba dibeberapa destinasi, dan nanti akan kita masifkan sampai dengan desa wisata yang direncanakan di Kabupaten Trenggalek,” tambahnya.

Sunyoto menjelaskan, destinasi wisata di Kabupaten Trenggalek masih ditutup hingga saat ini. Penutupan ini merujuk pada instruksi menteri dalam negeri tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terbaru.

Destinasi wisata masih ditutup karena Kabupaten Trenggalek masih masuk dalam PPKM Level 3. Tidak menutup kemungkinan, tempat wisata bisa kembali dibuka apabila level tersebut turun.

Aturan pembukaan atau penutupan destinasi wisata akan bergantung pada kebijakan terbaru pemerintah pusat dan daerah.

advertisement

Berita Baru

Ngambek! Rekomendasi Tak Digubris, Bawaslu Gugat KPU Trenggalek 

Kabar Trenggalek - Kemelut tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di kota alen alen Trenggalek...

Rukun Tani Sumberejo Pakel Menanam Bersama di Area Lindung Lahan Reklaiming

Rukun Tani Sumberejo Pakel bersama jaringan seperti WALHI Jawa Timur, LBH Surabaya dan jaringan...

Ngebut Benjut, Motor Lewat Jalan Tikus Seruduk Pikap di Trenggalek 

Kabar Trenggalek - Peristiwa nahas terjadi di Trenggalek, sebuah kecelakaan lalu lintas menimpa warga...

Viral Hari ini

Jadwal Pemadaman Listrik Trenggalek Besok, 25 September 2022

Kabar Trenggalek - Perusahaan Listrik Negara (PLN), Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Trenggalek akan...

Berita Terkait