BerandaNewsNasionalPemuda Trenggalek Wakili Jawa Timur dalam Program Pertukaran Pemuda di Australia

Pemuda Trenggalek Wakili Jawa Timur dalam Program Pertukaran Pemuda di Australia

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Majunya daerah tak luput dari dorongan kaula muda. Tekad ingin membuktikan bahwa “Trenggalek Ada,” menjadi salah satu mimpi Ahmad Ainul Mukhlis, putra daerah Bumi Minak Sopal Trenggalek. Ainul, pemuda Trenggalek wakili Jawa Timur dalam agenda Australia Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) atau Program Pertukaran Pemuda Australia Indonesia 2021, Rabu (15/09).

Ainul, sarjana muda lulusan Universitas Udayana Bali 2021 tak mau istirahat saja menikmati masa sarjananya. Ia mengaku pernah mengikuti progam AIYEP dan gagal sebanyak dua kali. Tapi, Ainul tak pernah menyerah, ia terus berjuang dan mencoba.

advertisement

“Dua kali daftar saya gagal, terus mencoba kembali di tahun 2021. Alhamdulilah bisa mewakili Trenggalek dan Jawa Timur,” katanya yang ramah melalui sambungan telepon.

Kegagalan yang dialami Ainul pada 2018 waktu ia mendaftar pertama kali menjadi motivasi hingga hari ini. Ainul tetap mendaftar, supaya bisa membawa nama baik Kabupaten Trenggalek.

“Informasi waktu pendaftaran itu saya dapatkan pertama di kampus waktu kuliah. Dan akhirnya saya mengikuti, walaupun gagal,” ungkap Ainul.

advertisement

Menurut keterangan di situs resmi Kedutaan Besar Australia Indonesia, indonesia.embassy.gov.au, AIYEP adalah program yang bertujuan untuk memberi kesempatan kepada pemuda-pemudi Indonesia dan Australia. Pemuda-pemudi itu berkesempatan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang budaya, perkembangan dan gaya hidup satu sama lain.

Setiap tahun, program AIYEP mengirimkan 18 pemuda Indonesia berusia 21-25 tahun ke Australia selama dua bulan (Oktober sampai Desember). Mereka berpartisipasi dalam penempatan kerja, pertunjukan budaya, homestay, serta kunjungan ke sekolah dan masyarakat setempat. Sejumlah 18 pemuda Australia juga melakukan program serupa di Indonesia dengan rekan-rekan Indonesia mereka dari bulan Desember hingga Februari.

“Alumni AIYEP membentuk sebuah kelompok yang dinamis dimana anggotanya terus berkarya dan terlibat pada bidang pekerjaan yang mendukung hubungan bilateral yang baik antara Australia Indonesia,” demikian keterangan di situs resmi Kedutaan Besar Australia Indonesia.

Ainul, pemuda Trenggalek yang mewakili Jawa Timur dalam program AIYEP 2021 menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Trenggalek.

advertisement

“Selama progam AIYEP, baru pertama ini Trenggalek bisa mewakili. Sebelumnya kota besar yang mewakili,” kata Ainul, pemuda kelahiran Desa Sambirejo, Kecamatan Trenggalek itu.

Ainul menyebutkan, rekrutmen AIYEP 2021 diumumkan pada bulan April. Ainul mampu menyelesaikan hingga terpilih menjadi perwakilan Jawa Timur meskipun kondisi sedang pandemi Covid-19. Dalam bulan September ini, Ainul sedang mempersiapkan bekal untuk dibawa ke Australia.

“Karena ini pandemi, teknis dan kapan berangkat kami tinggal menunggu saja. Setiap satu minggu sekali upload video, terkait Seni dan Budaya,” kata Ainul.

Tak mau menyimpan semangatnya sendiri, Ainun berbagi semangat kepada generasi milenial Kabupaten Trenggalek. Semangat dari Ainul yaitu untuk tidak berhenti dalam melakukan kreativitas. Apalagi saat ini kreativitas bisa dilakukan secara digital.

“Era digitalisasi dan pandemi yang tak tahu kapan berakhir, tetap semangat dalam mengembangkan potensi diri, untuk membuktikan Putra Daerah Trenggalek juga punya potensi yang bersaing,” terang Ainul.

advertisement

Berita Baru

Duka Tragedi Kanjuruhan, Korban Meninggal Jadi 131 Orang

Kabar Trenggalek - Kabar duka menghampiri seluruh masyarakat Indonesia. Pasca pertandingan Arema Vs Persebaya...

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Jokowi Layangkan Tiga Tuntutan 

Kabar Trenggalek - Tragedi Stadion Kanjuruhan yang melangsungkan pertandingan sepak bola BRI Liga 1...

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Presiden Arema FC Juragan 99 Angkat Bicara 

Kabar Trenggalek - Insiden merenggut nyawa dunia sepak bola Indonesia mendapatkan perhatian khusus dari...

Viral Hari ini

Wisata Berbasis Konservasi Alam Kedung Gede, Satu Satunya di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tidak terlalu jauh dari kota untuk menuju Kedung Gede di Desa...

Berita Terkait