BerandaNewsLingkunganJauh dari Target, Desa Salamrejo Trenggalek Tangkap 1000 Tikus

Jauh dari Target, Desa Salamrejo Trenggalek Tangkap 1000 Tikus

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Pekan sayembara berburu tikus di Desa Salamrejo, Trenggalek dinilai belum mencapai target yang diinginkan. Dari target 3.000 ekor tikus, hanya 1000 ekor tikus yang berhasil ditangkap, Senin (13/09).

Pejabat (Pj) Kepala Desa Salamrejo, Bambang Dwi Putranto, mengatakan inisiatif yang didorong untuk mencegah merambahnya hama tikus itu masih jauh dari rencananya.

advertisement

“Masih jauh dari rencana yang kita inginkan. Soalnya ada beberapa pengaruh yang pertama cuaca yang kedua tingkat kesulitan,” jelas Bambang melalui sambungan telepon.

Meski jauh dari target, Bambang memberikan ucapan terima kasih terhadap masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam pekan sayembara berburu tikus.

“Kurang lebih 30 warga yang ikut sayembara pemberantasan tikus. Saya kira jumlah peserta sudah masuk kategori partisipasi tinggi,” ucap Bambang.

advertisement

Kedepannya, kata Bambang, pihak Pemerintah Desa akan melakukan evaluasi bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Selain itu, Bambang mengatakan, Balai Penyuluh Pertanuan (BPP) berencana mendistribusikan obat pemusnah hama tikus.

“Kita evaluasi bersama Gapoktan, dan juga informasinya BPP akan mensubsidikan obat pemberantas hama tikus. Pasalnya saat ini kesulitan memberantas karena sudah ada tanaman palawija,” tutup Bambang.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, dalam sayembara berburu tikus di Desa Salamrejo Trenggalek ini, satu ekor dihargai Rp. 1.000.

Anggaran yang akan dihadiahkan kepada warga Desa Salamrejo yaitu Rp. 3 juta. Anggaran tersebut berasal dari inisiatif Gapoktan sejumlah Rp. 1 juta, serta dari Pemerintah Desa Salamrejo sejumlah Rp. 2 juta.

advertisement

Dalam pengumuman “Pekan Pemberantasan Tikus” di Desa Salamrejo ada beberapa poin yang disampaikan sebagai berikut:

1. Pemerintah Desa bekerja sama dengan Kelompok Tani, dan Gapoktan Desa Salamrejo berupaya mengurangi populasi hama tikus dengan jalan mengadakan pekan pemberantasan tikus.

2. Pekan Pemberantasan Tikus dicanangkan mulai tanggal 6 s/d 11 september 2021 di seluruh Desa Salamrejo, dan diharapkan masyarakat Salamrejo melakukan penangkapan tikus di area sawah dan pemukiman Salamrejo.

3. Pemerintah Desa, Kelompok Tani dan Gapoktan akan memberikan apresiasi/reward sebesar 1.000 (seribu rupiah) per-tikus tangkapan dan berlaku kelipatan. Pengambilan apresiasi dengan membawa tikus yang utuh dan sudah mati, diadakan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat tanggal 6,8,10 September bertempat di Balai Desa Salamrejo pukul 08.00-10.00 WIB.

4. Apresiasi atau reward berlaku pada warga Salamrejo semua usia.
Pemberian reward atau apresiasi ketika alokasi anggara sudah habis, dan akan diumumkan secara transparan.

advertisement

Berita Baru

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Polisi Sikat Tujuh Tersangka Pelaku Kejahatan di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek menggelar operasi Sikat Semeru 2022. Dalam operasi...

Pernikahan Dini di Trenggalek Tinggi, Pemerintah Kelabakan Cari Solusi

Kabar Trenggalek - Angka pernikahan dini di Trenggalek tak lain sama dengan jargon 'Meroket',...

Viral Hari ini

Download Video TikTok Tanpa Watermark dengan SSSTikTok, Mudah Tanpa Ribet

Kabar Trenggalek - Aplikasi media sosial (medsos) terbaru seperti TikTok membuat masyarakat banyak menyebar...

Berita Terkait