BerandaNewsEkonomiPorang Trenggalek Berpotensi Pulihkan Ekonomi di Masa Pandemi

Porang Trenggalek Berpotensi Pulihkan Ekonomi di Masa Pandemi

Terbit:

advertisement

KABARTRENGGALEK.com – Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menjadi salah satu strategi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek untuk menghadapi pandemi Covid-19. Terkait hal ini, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin memberi penjelasan. Arifin menyampaikan penjelasannya dalam Forum Group Discussion (FGD) Porang Komoditas Nusantara Menembus Dunia, Selasa (24/08).

Menanggapi potensi porang sebagai pemulihan ekonomi, Arifin mengatakan bahwa porang memliki potensi yang besar di Jawa Timur.

advertisement

“Untuk kedepannya agribisnis porang ini akan menjadi potensi besar di jawa timur bagian selatan insfratuktur penopangnya sangat mendukung,” kata Arifin.

Arifin berkaca pada wilayah selatan Jawa Timur yang saat ini sedang mengembangkan insfratuktur. Mulai dari Bandara Kediri dan juga jalur tol yang exit tol-nya nanti berdekatan dengan perbatasan Kabupaten Trenggalek dan Tulungagung.

advertisement

Perlu diketahui, pengelolaan porang di Trenggalek masih dari hulu (petani) saja, belum sampai hilirisasi (produksi di pabrik). Oleh karena itu, potensi porang perlu didukung insfratuktur yang baik, sehingga Trenggalek bisa melakukan hilirisasi pengelolaan porang.

“Selain bandara dan exit toll yang dekat dengan pemerintahan Trenggalek, juga ada insfratuktur Jalur Lintas Selatan, dan juga pelabuhan barang di Prigi, Watulimo,” tambah Arifin.

Selain itu, Kabupaten Trenggalek tahun 2021 telah melakukan panen besar porang kurang lebih 408.960 ton dari lahan 4.172 hektare dan panen besar lainnya. Jumlah ini akan menambah gairah investasi tanaman porang di Kabupaten Trenggalek.

“Potensi lahan untuk hutan negara di Trenggalek 60.000 hektare, 5.400 hutan rakyat, 88.000 tegal atau kebun. Dari total potensi lahan hampir 100.000 hektare, 200 hektare punya pemerintah. Kemungkinan bisa kolaborasi atau kerja sama secara terbuka untuk potensi porang” ujar Arifin.

advertisement

 

Editor: Wahyu Agung Prasetyo

advertisement

Berita Baru

Duka Tragedi Kanjuruhan, Korban Meninggal Jadi 131 Orang

Kabar Trenggalek - Kabar duka menghampiri seluruh masyarakat Indonesia. Pasca pertandingan Arema Vs Persebaya...

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Jokowi Layangkan Tiga Tuntutan 

Kabar Trenggalek - Tragedi Stadion Kanjuruhan yang melangsungkan pertandingan sepak bola BRI Liga 1...

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Presiden Arema FC Juragan 99 Angkat Bicara 

Kabar Trenggalek - Insiden merenggut nyawa dunia sepak bola Indonesia mendapatkan perhatian khusus dari...

Viral Hari ini

Wisata Berbasis Konservasi Alam Kedung Gede, Satu Satunya di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tidak terlalu jauh dari kota untuk menuju Kedung Gede di Desa...

Berita Terkait