BerandaNewsEkonomiPedagang Sor Trembesi Terancam Ditertibkan, Bakeuda Trenggalek: Tanah Milik Pemerintah

Pedagang Sor Trembesi Terancam Ditertibkan, Bakeuda Trenggalek: Tanah Milik Pemerintah

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Munculnya Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tentang pengelolaan aset daerah untuk para Pedagang Sor Trembesi, Kelurahan Sumbergedong, Kecamatan Trenggalek, membuat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus bergerak, Selasa (06/05).

Hal ini membuat pejabat penatausahaan barang mulai menindaklanjuti rekomendasi dari BPK. Sebab, bangunan yang ada di kawasan itu diduga tidak resmi.

advertisement

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Trenggalek, Agus Yahya membenarkan, dalam temuan LHP BPK, pemanfaatan tanah di area lapangan Sumbergedong oleh pihak ketiga itu tanpa disertai izin.

Dalam rekomendasinya, BPK meminta Bupati Trenggalek untuk memeringatkan Sekretaris Daerah (Sekda) selaku pengelola Barang Milik Daerah (BMD) dan Bakeuda selaku pejabat penatausahaan barang untuk melakukan pengamanan BMD atas pemanfaatan tanah milik Pemkab Trenggalek.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait. Seperti dari Bappeda, Dinas Komidag, Satpol PP, Disdikpora, dan Asisten I Setda,” ungkap Agus.

advertisement

Tahap koordinasi, menurut Agus, beberapa OPD masih melakukan peninjauan aset berdasarkan fungsinya. Itu sesuai Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Aset Pemda. Hasil koordinasi bahwa aset Pemkab Trenggalek di Sor Trembesi berguna untuk pendukung sarana parkir lapangan Sumbergedong.

“Koordinasi itu memutuskan bahwa pengguna barang (aset Pemkab Trenggalek) di Sor Trembesi itu nantinya disdikpora,” ujar Agus.

Agus mengakui, tahap koordinasi tersebut belum sampai melibatkan para pedagang Sor Trembesi. Sebab, masih mempertimbangkan beberapa alternatif penerapan untuk mencapai win-win solution.

“Koordinasi masih proses. Memang ada opsi penertiban yang mengarah pada penyewaan aset ke pihak ketiga. Namun, kuasa itu nantinya berada pada disdikpora,” ucap Agus.

advertisement

Agus berharap temuan LHP BPK aset Pemkab Trenggalek di Sor Trembesi bisa ditindaklanjuti dan membuahkan hasil melalui progres rencana aksi kurun enam bulan sesuai target Inspektorat.

“Kami akan menghadirkan teman-teman pedagang. Mengimbau bahwa aset tersebut milik Pemda. Jadi ketika memakainya, harus sesuai prosedur dan berizin,” jelas Agus.

advertisement

Berita Baru

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Polisi Sikat Tujuh Tersangka Pelaku Kejahatan di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek menggelar operasi Sikat Semeru 2022. Dalam operasi...

Pernikahan Dini di Trenggalek Tinggi, Pemerintah Kelabakan Cari Solusi

Kabar Trenggalek - Angka pernikahan dini di Trenggalek tak lain sama dengan jargon 'Meroket',...

Viral Hari ini

Download Video TikTok Tanpa Watermark dengan SSSTikTok, Mudah Tanpa Ribet

Kabar Trenggalek - Aplikasi media sosial (medsos) terbaru seperti TikTok membuat masyarakat banyak menyebar...

Berita Terkait